Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Mei 2022 21:40 WIB ·

Catatan GP F1 Miami, AS: Kandidat Juara Dunia F1/2022 Vestappen vs Leclerc

 Max Verstappen dan Charles Leclerc. (Foto: Formula1.com).* Perbesar

Max Verstappen dan Charles Leclerc. (Foto: Formula1.com).*

PERSAINGAN untuk perebutan gelar juara dunia Grand Prix F-1/2022 semakin seru meski lomba baru menyelesaikan lima seri. Seri V GP F1 Miami, AS menjadi seri paling anyar dilombakan pada Minggu (8/5/2022).

Lomba GP F1 di Miami, AS merupakan seri baru yang masuk kalender GP F1 musim ini dari total 22 seri. Lomba balap mobil F1 yang semakin diminati di negeri Paman Sam menyebabkan tahun ini ada dua seri GP F1 di Amerika Serikat, yaitu di Miami (Florida) dan Austin (Texas).

Kemenangan silih berganti dicatat dua kandidat juara dunia tahun ini, Max Verstappen (Red Bull Honda/Belanda) membukukan tiga kemenangan di GP Saudi Arabia, Italia dan Miami, sedangkan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari/Monako) merebut kemenangan di Bahrain dan Australia.

Hanya dua pembalap muda, generasi baru itu  yang memuncaki podium bergantian dari 5 seri yang telah diselesaikan. Sementara beberapa pembalap kawakan seperti juara dunia 7 kali Lewis Hamilton (Mercedes GP Petronas/Inggris), Sebastian Vettel (Aston Martin Mecedes/Jerman), Fernando Alonso (Alpine Renault/Spanyol) dan Valtteri Bottas (Alfa Romeo Ferrari/Finlandia) belum kebagian naik podium sama sekali, apalagi untuk memuncaki podium.

Pada lomba di sirkuit baru seri V, GP F1 Miami di negara bagian Florida, Amerika Serikat, juara dunia bertahan GP F1/2021, Max Verstappen (Red Bull Honda) membuktikan kemampuanya di sirkuit baru Miami menjadi juara, diikuti pimpinan klasemen sementara Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) di urutan kedua tertinggal 3,7 detik.

Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) menempati posisi ketiga + 8,2 detik. Sedangkan pembalap kawakan Lewis Hamilton (Mercedes GP Petronas) harus puas di urutan keenam.

Pimpinan klasemen setelah 5 seri, Charles Leclerc (Ferrari/Monako) dengan 104 poin, kedua Max Verstappen (Red Bull Honda) 85, ketiga Sergio Perez (Red Bull Honda) 66 dan keempat George Russell (Mercedes GP Petronas) 59.

Tim Mercedes GP Petronas yang menjadi penguasa GP F1 sejak 2013 hingga tahun 2020, mulai kesulitan sejak 2021 mengatasi kebangkitan tim Red Bull Honda dan Scuderia Ferrari yang semakin meningkat.

”Tahun 2021, tim Red Bull Honda mengalahkan tim Mercedes GP Petronas dengan andalanya Lewis Hamilton, gelar juara dunia direbut Max Vestappen (Red Bull Honda),” ungkap Jackie Stewart (Inggris) mantan juara dunia GP F1 tahun 70an.

Sulit imbangi pembalap muda

Stewart mengatakan bahwa tahun ini akan semakin berat bagi para pembalap kawakan sekelas Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. Menurutnya, masa jaya mereka sudah mulai meredup bukan hanya karena mobil balapnya tengah stagnan, yaitu Mercedes GP yang dikendarai oleh Hamilton dan Aston Martin Mecedes yang dipakai Vettel, namun juga kemampuan mereka sudah tidak bisa mengimbangi para pembalap muda.

Dengan kondisi ini, baik Lewis Hamilton maupun Sebastian Vettel lebih baik pensiun dan posisinya digantikan oleh pembalap muda yang tengah naik prestasinya dan hanya tinggal menimba pengalaman untuk bisa lebih meningkat lagi sepeti andalan baru tim Mercedes GP Petronas, George Russell (Inggis) yang musim ini selalu finis lebih baik dari seniornya Lewis Hamilton. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 146 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Parlemen Kota Bandung Siap Mengawal Kelanjutan Gugatan Aliansi Eks-Karyawan Pikiran Rakyat Sesuai Koridor Hukum, Jangan Ada Pihak yang “Masuk Angin”

13 Juni 2024 - 10:37 WIB

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Hari Ini, Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Berada di Kota Palu Sulawesi Tengah, Sampaikan Sharing Komunikasi kepada Personel Tiga Institusi Berbeda

12 Juni 2024 - 07:49 WIB

Trending di Berita