Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Mei 2022 23:52 WIB ·

Bertajuk “Maaf”, Alurmaju Luncurkan Single ke-2

 Faizal Aditya R - Alurmaju (Foto: Alurmaju).* Perbesar

Faizal Aditya R - Alurmaju (Foto: Alurmaju).*

DI penghujung bulan April 2022, Alurmaju merilis single ke-2 bertajuk “Maaf”. Tepat hampir 2 tahun setelah merilis single pertama yang berjudul “Tentang Pulang”.

Alurmaju merupakan proyek alter-ego dari musisi muda bernama Faizal Aditya R yang terbentuk sejak tahun 2018 di Yogyakarta.

Melalui projectnya, Faizal membawakan sebuah karya dengan tema yang sederhana dan dekat dengan setiap problematika kehidupan manusia keseharian.

Menurut Faizal, Alurmaju yang bergenre pop, merilis single kedua berjudul “Maaf” yang berkisah tentang konsep kehidupan setiap manusia yang tak luput dari sebuah kesalahan ketika bertingkah laku, namun pada akhirnya pilihan yang membawa ke langkah selanjutnya untuk mau meminta maaf terhadap kesalahannya atau tidak.

“Maaf” di sini digambarkan memiliki arti secara universal, bisa berarti berdamai dengan kehidupan masa lalu atau bisa juga meminta maaf kepada seseorang.

Single ke-2 ini sengaja dirilis mendekati dengan Hari Raya Idulfitri, agar momentumnya pas untuk orang-orang saling meminta maaf dan juga bisa menjadikan reminder bagi para pendengar Alurmaju.

Artwork lagu “Maaf” Alurmaju (Foto: Alurmaju).*

Materi lagu “Maaf” sebenarnya Faizal ciptakan pertama kali pada tahun 2015. Lalu, lagu single ke-2 ini direkam secara multi-track pada Desember 2020 di Al Studio, Yogyakarta.

Saat menggarap proyek ini, Faizal mengajak teman-teman musisi muda berbakat dari Jogja untuk mengisi beberapa instrumen di dalamnya, antara lain Ibob Gegana (Piano) & Setiawan (Cello) dan Gitar, sedangkan vokal di-take sendiri.

Proses rekaman diawali dengan beberapa workshop kecil terlebih dahulu, sehingga akhirnya bisa dieksekusi secara langsung.

“Dari segi proses arransemen lagu sih tidak ada kesulitan karena saya membebaskan para kolaborator instrumen untuk berimprovisasi di masing-masing bagian, sehingga konsep kolaborasi itu semakin terasa. Selain itu, lagu ini juga sudah pernah dibawakan beberapa kali secara live, seperti di event Festival Kesenian Yogyakarta & ARTJOG 2018,” ujar Faizal.

Selain itu, proses perencanaan dan pembuatan artwork lagu “Maaf” dikerjakan sendiri oleh Faizal. Seperti perencanaan visual pada foto yang diterpampang di artwork merupakan jepretan hasil karya fotografer Danu yang diarahkan olehnya.

“Saya harap dengan rilisnya single ke-2 ini, dapat menjadi gerbang pembuka Alurmaju untuk terus berproses kreatif, memberi warna musik baru, dan saya harap bisa terus produktif dengan meluncurkan single-single berikutnya,” ungkapnya.

Setelah lagu “Maaf” rilis pada 30 April 2022 lalu dalam format audio ke seluruh layanan musik digital, Alurmaju juga melempar video musik resminya selang 2 minggu perilisan.

Lebih jauh, proses dan target yang ingin dicapai Alurmaju selanjutnya yaitu menelurkan sebuah EP/mini album yang berisi sekitar 5 buah lagu.

“Untuk saat ini, kita sebagai musisi harus fokus bikin karya yang bagus dan terus konsisten merilis karya untuk membentuk massa pendengar kita. Untuk proses mini album, saya harap bisa selesai di tahun 2022 ini,” pungkas Faizal. (Nada Ahmad)***

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

12 April 2024 - 09:21 WIB

Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama Ramadan

12 April 2024 - 09:13 WIB

Tour de Thailand Putri 2024: Jutatip Juara Umum, Secara Dramatis Kalahkan Nguyen

11 April 2024 - 19:31 WIB

Memasuki H+1 Arus Meningkat Drastis, Polres Garut Berlakukan Sistem One Way 

11 April 2024 - 13:56 WIB

HARI RAYA IDULFITRI Bey Machmudin: Jaga Kerukunan untuk Jawa Barat yang Damai dan Nyaman

10 April 2024 - 11:11 WIB

Malam Takbiran Lebaran 2024 di Bandung Kondusif

10 April 2024 - 10:51 WIB

Trending di Berita