Menu

Mode Gelap

Berita · 20 Agu 2022 05:52 WIB ·

Akhir Pekan Ini, Dr Aqua Dwipayana Kembali Sharing Komunikasi di Lingkungan Lion Air Group

 DR Aqua bakal menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivsi bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Personel Lion Air Group  di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan  untuk Memberikan Layanan Terbaik kepada Konsumen Termasuk Mitra Kerja”. Acaranya Sabtu, 20 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 WIT di Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII  Jl Marsma Iswahyudi No 1 Balikpapan, Kalimantan Timur. * Perbesar

DR Aqua bakal menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivsi bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Personel Lion Air Group  di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan  untuk Memberikan Layanan Terbaik kepada Konsumen Termasuk Mitra Kerja”. Acaranya Sabtu, 20 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 WIT di Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII  Jl Marsma Iswahyudi No 1 Balikpapan, Kalimantan Timur. *

BALIKPAPAN (TUGUBANDUNG.ID) -Menjelang akhir pekan ini, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana akan kembali menyampaikan Sharing Komuniksi dan Motivasi  kepada keluarga besar Lion Air Group. Kali ini, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut akan berbicara di hadapan sekitar 250 orang peserta dalam kegiatan yang berlangsung tiga sesi, pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Menurut rencana, Dr Aqua bakal menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Personel Lion Air Group  di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan  untuk Memberikan Layanan Terbaik kepada Konsumen Termasuk Mitra Kerja”.  Acaranya pagi ini mulai pukul 08.00 WIT di Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII  Jl Marsma Iswahyudi No 1 Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sesi sharing di Balikpapan ini tercatat menjadi Sharing Komunikasi dan Motivasi keempat kalinya yang disampaikan Dr Aqua di lingkungan Maskapai Penerbangan Lion Air Group dalam dua bulan terakhir.

Pada Selasa siang sampai sore, 12 Juli 2022 lalu, Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada semua direksi Lion Air Group dan para pembina di Ruang Auditorium Lantai B Gedung Merah Lion Operation Center Jl Marsekal Suryadharma No.18 Selapajang Tangerang, Banten.

Acara yang bertajuk “Membangun Komunikasi yang Baik, Tepat Sasaran, dan Efisien” itu dipimpin langsung oleh Presiden Direktur Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi. Sharing oleh Dr Aqua dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi seluruh direksi Lion Air Group dan para pembina.

Rencana semula acara Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut dilaksanakan minggu pertama Juli 2022. Namun ditunda karena waktu itu ada direksi yang sedang bertugas ke Papua dan Batam.

Sebagai orang pertama di grup maskapai penerbangan terbesar di Indonesia Capt Daniel Putut ingin seluruh direksi Lion Air Group dan para pembina hadir pada acara penting tersebut. Sehingga selain memimpin langsung kegiatannya, juga meminta semua jajaran direksi menghadiri acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu.

Seusai acara itu, Dr Aqua dan Capt Daniel Putut sepakat melaksanakan kegiatan serupa kepada seluruh pegawai Lion Air Group yang bertugas di berbagai daerah. Pelaksanaannya secara bertahap. “Semua amanah dari Capt Daniel Putut yang diberikan kepada saya  merupakan kehormatan yang besar. Insya Allah saya optimalkan sehingga terjadi perubahan yang signifikan,” ungkap Dr Aqua.

Kemudian, pada Rabu dan Kamis (27 dan 28 Juli 2022), Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Personel Lion Air Group di Bandara Kualanamu untuk Memberikan Layanan Terbaik kepada Konsumen Termasuk Mitra Kerja” dilangsungkan di Hotel The Crew Jl Arteri Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara. Dr Aqua menyampaikan materi yang seluruhnya berlangsung dalam tujuh sesi.

Selama melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu Dr Aqua didampingi Pembina General and Managerial Skill Training  (Head of Training) Lion Air Group Pratama Budhi Nugraha. Pria asal Yogyakarta tersebut banyak memberi informasi tentang sumber daya manusia di korporasi besar tersebut.

Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang disampaikan kepada semua direksi Lion Air Group dan para pembina. Dr Aqua mengapresiasi acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu karena melibatkan seluruh pegawai, mulai dari yang jabatannya tertinggi  yakni Station Manager hingga yang paling rendah. Itu menunjukkan kebersamaan.

Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu dibuka oleh Pelaksana Tugas Direktur Utama Angkasa Aviasi Servis Muhammad Hariri. Pria rendah hati yang sangat ramah tersebut dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua atas kehadirannya untuk memberikan motivasi pada kegiatan tersebut.

“Dr Aqua Dwipayana ini adalah Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional. Juga selama puluhan tahun menjadi penumpang setia Lion Air Group. Sehingga beliau tahu persis pelayanan kita kepada penumpang,” ungkap Hariri.

Kepada seluruh peserta, pria yang berasal dari Demak, Jawa Tengah ini meminta untuk menyimak semua yang disampaikan Dr Aqua karena pasti bermanfaat buat mereka terutama saat bekerja. Jangan ragu-ragu untuk bertanya jika ada hal-hal yang tidak diketahui.

Dan, terakhir pada Selasa dan Rabu (2 dan 3 Agustus 2022), Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Melayani dengan Hati” di Kompleks Talaga Bestari Jl Harmony Blok GK No. 6 Ds Wanakerta Kec Sindang Jaya Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut menjadi bagian dari pembekalan para calon awak kabin (pramugara dan pramugari) di lingkungan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air, dan Super Air Jet). Pelaksanaannya dilakukan selama dua hari sebanyak tujuh sesi yang diikuti 16 batch. Per batch jumlahnya 20 orang sampai 25 orang.

Pada kesempatan tersebut, Dr Aqua menegaskan, bekerja adalah salah satu rutinitas yang banyak dijalani setiap hari. Baik mereka yang baru memulai ataupun yang sudah sangat lama berkecimpung di dunia kerja.

Dalam situasi inilah, kata Dr Aqua yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut, pasti kita sering menemui tantangan saat bekerja. Hal itu yang kita temui dalam menjalani sebuah pekerjaan terkadang mampu membuat kita goyah dan berkecil hati.

“Karena sulit untuk ditaklukkan, terkadang kita mulai malas dan tak lagi totalitas dalam bekerja. Kecintaan pada pekerjaanlah yang membuat kita dapat menyingkirkan semua tantangan tersebut,” ungkap pria santun yang senang membantu banyak orang tersebut.

DR Aqua Dwipayana saat makan malam di Warung Jogja Istimewa Balikpapan bersama Direktur utama Duta Anggada Realty Jakarta Ventje Suardana (dua dari kanan), Direktur Samekarindo Indah Dekriswan Ziono (paling kanan), General Manager, Swiss-Belinn Balikpapan Hendrik Rumapea paling (paling kiri), Asisten Direksi Centra Graha Indah Martha Widhiyani (tiga dari kanan), dan Station Lion Air Group Balikpapan Muhammad Reza (tiga dari kiri). Jumat malam Dr Aqua menemui teman akrabnya yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur utama Duta Anggada Realty Jakarta Ventje Suardana. Sejak Kamis (18/8/2022) Ventje di Balikpapan. *

Prioritaskan Lion Air Group

Di tengah jadwalnya yang padat, Dr Aqua berkomitmen memprioritaskan kegiatan sharing di Lion Air Group. Mantan wartawan di banyak media besar ini yakin semua materi yang disampaikannya bermanfaat buat seluruh peserta dan kemajuan korporasi itu.

Secara bertahap, Dr Aqua akan memberikan sharing kepada sekitar 21 ribu pegawai Lion Air Group. Prioritasnya  adalah mereka yang bertugas di sepuluh stasiun besar yakni Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Cengkareng (CGK), Surabaya (SUB), Denpasar (DPS), Ujung Pandang (UPG), Balikpapan (BPN), Jayapura (DJJ), Manado (MDC), dan Ambon (AMQ). Selain itu, Sharing Komunikasi dan Motivasi untuk para calon awak kabin.

Khusus untuk kegiatan sharing di hadapan personel Lion Air Group  di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, akhir pekan ini, pria kelahiran Pematang Siantar, 23 Januari 1970 ini salah satunya akan menekankan bekerja amanah dan berintegritas, sehingga tidak terulang kembali pembobolan koper penumpang seperti yang pernah dialami artis Dewi Perssik. Akibat kejadian itu 13 pegawai Lion Air Group di Stasiun Balikpapan dipecat.

Sebagaimana diberitakan banyak media, kasus raibnya perhiasan artis dangdut Dewi Perssik di dalam koper saat pulang ke Jakarta melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan terungkap. Insiden tersebut terjadi usai artis dangdut tersebut menghadiri undangan manggung di salah satu acara partai politik di Balikpapan pada Sabtu, 18 Juni 2022 yang lalu. Pelaku membobol koper milik Dewi Perssik yang kala itu kembali ke Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Lion Air.

Ketika mendarat di Jakarta, Dewi Perssik dan asistennya bernama Riski Sobari belum menyadari kopernya telah dibobol. Baru ketika sampai di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Riski Sobari terkejut perhiasan Dewi Perssik, yakni dua kalung berantai emas dan emas batangan dengan ukiran nama ‘Dewi Perssik’ yang disimpan di dalam kotak, telah hilang. Asisten Dewi Perssik pun langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta

Setelah melakukan penyelidikan, ditambah sejumlah bukti dan keterangan saksi-saksi, akhirnya pelaku RS (25) berhasil diringkus pada Minggu (3/7/2022). Di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman  Sepinggan, RS merupakan porter yang bertugas mengantarkan koper penumpang pesawat.

Dewi Perssik atau akrab disapa Depe mengaku mengalami kerugian sekira Rp100 juta. Usai ditangkap, polisi berhasil mengamankan barang bukti dari tangan RS berupa dua kalung berantai emas, satu emas batangan bertuliskan “Dewi Perssik”, satu koper warna hijau tosca, dan kotak perhiasan.

Kasus pembobolan koper penumpang pesawat ini bukan kali pertama terjadi. Polisi menduga pelaku melakukan aksinya lebih dari satu kali. Apalagi laporan serupa kerap di terima di Bandara Soekarno Hatta. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana di atas enam tahun penjara.

Terkait dengan hal tersebut, Dr Aqua menegaskan integritas dan sikap bersyukur harus menjadi hal utama yang diinternalisasi oleh semua  pegawai di maskapai penerbangan. Dirinya berharap Lion Air Group secara bertahap dapat melakukan semua yang disampaikannya. Asal ada komitmen yang jelas dan keteladan secara terus menerus dari semua unsur pimpinan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Tiba di Balikpapan

Jumat tadi malam (19/8/2022) pukul 19.10 WIT naik pesawat Lion Air JT 624 dari Semarang, Dr Aqua tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Begitu keluar dari pesawat, Station Manager Lion Air Group Balikpapan Muhammad Reza bersama stafnya sudah menunggu Dr Aqua.

DR Aqua bersama Station Manager Lion Air Group Balikpapan Muhammad Reza.*

Pria yang hobi silaturahim itu tidak langsung ke hotel untuk istirahat. Seperti biasa begitu tiba di satu daerah, sebelum ke penginapan, Dr Aqua menemui teman-temannya yang ada di kota yang sedang dikunjunginya.

Tadi malam Dr Aqua menemui teman akrabnya yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur utama Duta Anggada Realty Jakarta Ventje Suardana. Sejak Kamis (18/8/2022) Ventje di Balikpapan.

Mereka ketemu di Warung Jogja Istimewa Balikpapan sambil makan malam. Ventje didampingi Direktur Samekarindo Indah Dekriswan Ziono, General Manager, Swiss-Belinn Balikpapan Hendrik Rumapea, dan Asisten Direksi Centra Graha Indah Martha Widhiyani. Sedangkan Dr Aqua bersama Reza.

Selama silaturahim sambil menikmati makanan yang enak, mereka mendiskusikan banyak hal termasuk yang sedang aktual saat ini. Ngobrolnya akrab sekali.

Setelah itu Dr Aqua melanjutkan silaturahim ke teman akrabnya yang menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan di rumah dinasnya. Turut menemui mereka istrinya Bintang, Christin Bintang.

Mereka sangat asyik berdiskusi. Tidak terasa hingga menjelang dini hari, pukul 23.55. Banyak hal yang dibicarakan termasuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan Kodam VI/Mulawarman.

DR Aqua Dwipayana bersama Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan (tengah) dan Station Manager Lion Air Group Balikpapan Muhammad Reza (kiri). *

“Terima kasih Pak Aqua dan Pak Reza yang telah berkenan mampir ke rumah dinas kami. Semoga semua kegiatan bapak selama di Balikpapan lancar,” ujar Bintang ramah. ***

Artikel ini telah dibaca 78 kali

Baca Lainnya

Mobil Tak Bisa Lewat Akibat Jalan Longsor Di Desa Depok Garut, Aktivitas Warga Terganggu

4 Maret 2024 - 19:04 WIB

Lima Tahun Berturut-Turut, Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™

4 Maret 2024 - 18:03 WIB

Tingkatkan Minat Olahraga, Prawira Harum Bandung Ajak Ratusan Pelajar Nonton Langsung

4 Maret 2024 - 17:57 WIB

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN, Menteri BUMN: Akan Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

4 Maret 2024 - 17:48 WIB

Kawanan Pelajar SMP di Tasikmalaya Maling Motor dan Kotak Amal Masjid

4 Maret 2024 - 16:51 WIB

Dari Pulau Sumatera, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Singgah di Kota Sampit Sampaikan Sharing Komunikasi dan Ditpolairud Polda Kalteng

4 Maret 2024 - 15:45 WIB

Trending di Berita