Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Mei 2023 19:48 WIB ·

Ahli Metalurgi ITB: Proses Impor Emas Antam tidak Ada Masalah

 Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

JAKARTA (TUGUBANDUNG.ID) – Dosen Teknik Metalurgi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Imam Santoso menegaskan bahwa proses importasi emas yang dilakukan PT Aneka Tambang Tbk. sudah tepat. Menurutnya, impor yang dilakukan perusahaan pelat merah itu sudah sesuai prosedur dan tidak ada masalah.

“Proses importasi emas PT Antam saya kira tidak ada masalah, karena emas ketika impor itu sudah ada kodenya, dan sangat spesifik dan pajaknya juga sangat spesifik,” kata Imam saat dihubungi wartawan, Kamis (25/5/2023).

“Tapi kalau emas yang sudah dijual di sini (Indonesia, red) itu sudah tidak mentah lagi dan sudah tinggi pajaknya,” tambah Imam.

Imam menjelaskan, Antam melakukan impor emas mentah karena tingginya permintaan pasar di Tanah Air. Sementara di sisi lain, stok pasokan emas perusahaan tersebut sangat terbatas.

“Orang Indonesia kan kaya-kaya, pengen investasi, pengen beli emas-emas Antam. Emas yang kecil-kecil itu demand-nya tinggi banget, sedangkan Antam pasokannya kurang, maka impor lah mereka, dan yang diimpor sudah pasti emas yang gede-gede dong, yang masih mentah,” jelasnya.

Adapun pajak yang dibayar Antam kata Imam juga sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dan menurut aturan Bea Cukai di manapun, di Amerika, di Indonesia memang segitu pajaknya, ada kodenya sesuai HS-nya sudah sesuai dengan aturannya. Dan dari situ ada potensi bisnis di Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan, secara proses, importasi emas setelah masuk Indonesia mesti melalui peleburan dan pengolahan di Logam Mulia.

“Emas impor itu ya diolah lagi, dilebur di Logam Mulia, kemudian dicetak lagi kecil-kecil, dipotong, di-treatment, diberi label-label, baru dijual. Jadi secara proses, tidak ada masalah,” tegasnya lagi. (Pun) ***

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Lima Orang Diperiksa, Terkait Kematian Anak Berkebutuhan Khusus Di Singaparna Tasikmalaya

28 November 2023 - 19:06 WIB

Penuhi Kebutuhan Antisera, Bio Farma dan Thailand Tantangani Letter of Authorization

28 November 2023 - 18:51 WIB

Dukung Generasi Bebas Stunting, PLN Launching ‘Program Gizi Hebat’ di Cianjur

28 November 2023 - 18:38 WIB

Pecco Juara Dunia MotoGP 2 kali Beruntun, Pabrikan Jepang Terpuruk

28 November 2023 - 16:47 WIB

Dispusipda Jabar Angkat Kembali Kisah Heroik Bojong Kokosan pada Generasi Muda

28 November 2023 - 16:33 WIB

Kurang 1 Bulan Jelang Nataru, 39.014 Tiket KA Keberangkatan Daop 2 Bandung Sudah Terjual

28 November 2023 - 16:27 WIB

Trending di Berita