KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Dalam upaya mendorong inklusi ekonomi dan pemberdayaan siswa disabilitas, TIM Peneliti Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) An-Nur Ibun, Kabupaten Bandung, menggelar kegiatan bertajuk “Manajemen Vokasional Adaptif dalam Membangun Ekosistem Bisnis Inklusif bagi Siswa Disabilitas”. Kegiatan ini merupakan bagian dari penelitian yang dipimpin oleh Prof. Dr. Nani Sutarni, M.Pd., dengan dukungan penuh dari Ketua PKBM An-Nur Ibun, Dr. Yanti Lidiati, S.E., M.M.
Acara pembukaan berlangsung khidmat dan penuh semangat, mempertegas komitmen kolaboratif antara institusi pendidikan nonformal dan kalangan akademisi untuk menciptakan model pembelajaran vokasional yang responsif terhadap kebutuhan penyandang disabilitas.
Kegiatan ini turut menghadirkan dua narasumber utama yang memberikan wawasan strategis dalam bidang kewirausahaan dan pemasaran inklusif. Prof. Dr. Suwatno, M.Si., dosen dan pakar kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia, membawakan materi bertema “Kewirausahaan Inklusif sebagai Pilar Kemandirian Ekonomi bagi Siswa Disabilitas”. Ia menekankan pentingnya pengembangan mindset entrepreneur berbasis potensi unik yang dimiliki siswa disabilitas.

Sesi kedua diisi oleh Mohamad Hadi Ali Mutamam, M.Pd., praktisi pendidikan yang memperkenalkan platform Inclusivemakers.com sebagai marketplace yang dirancang khusus untuk memasarkan produk karya siswa disabilitas. “Melalui platform ini, siswa tidak hanya belajar memproduksi barang, tetapi juga memahami rantai nilai dalam pemasaran digital,” ujarnya.
Hadir pula dalam kegiatan ini anggota tim peneliti, yakni Dr. Hady Siti Hadijah, Prof. Dr. Achmad Hufad dan Dr. Purnomo, M.Pd. serta para pengelola PKBM An-Nur Ibun yang aktif berdiskusi mengenai strategi penguatan ekosistem bisnis inklusif yang berkelanjutan.
Program ini tidak hanya menjadi langkah awal dalam transformasi pendidikan vokasional, tetapi juga menjadi model percontohan nasional dalam mewujudkan kemandirian ekonomi siswa disabilitas melalui pendekatan adaptif dan kolaboratif. Penelitian ini diharapkan menghasilkan rekomendasi strategis untuk kebijakan pendidikan inklusif di tingkat lokal maupun nasional. ***










Komentar