Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Jul 2022 18:31 WIB ·

Tambah Ruang Publik, Pemkot Bandung Resmikan Ciko Arena 1

 Ciko Arena 1, area Situ Otong Kawasan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal yang dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai. (Foto: Apun).* Perbesar

Ciko Arena 1, area Situ Otong Kawasan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal yang dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai. (Foto: Apun).*

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Pemerinta Kota (Pemkot) Bandung terus menambah ruang publik. Terbaru, Pemkot Bandung meresmikan ruang publik di area situ Otong Kawasan Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal. Ruang publik ini dibangun di lahan bekas penertiban bantaran sungai, diresmikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan diberi nama Ciko Arena 1, Senin (25/7/2022).

“Pemerintah Kota Bandung berkomitmen memaksimalkan fungsinya dan menjadikan situ ini sebagai fasilitas umum, yakni dengan membuat aquascape sebagai ekosistem air tawar yang dipadukan dengan seni dekorasi berbagai unsur penunjangnya,” kata Yana.

Di ruang publik Ciko Arena 1 tersebut dibangun taman bawah air (aquascape) dan pump track. Hal ini sebagai upaya memaksimalkan fungsi Situ Otong sebagai tempat bermain, berolah raga, dan berekreasi dan sarana wisata.

“Selain itu, Situ Otong ini juga bisa memberikan manfaat untuk resapan air untuk sumber air dan mudah-mudahan bisa menjadi fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun,” katanya.

Yana mengatakan, pembangunan ruang-ruang publik di Kota Bandung merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak mulai dari pemerintah, komunitas dan berbagai lintas sektor lainnya.

“Mudah-mudahan semangat kolaborasi ini, bisa kita tingkatkan untuk membangun ruang-ruang publik ini terus kita lakukan di masa-masa mendatang,” ujarnya.

Ia berharap, berbagai fasilitas dan publik yang telah dibangun dapat dipelihara dan dijaga oleh semua pihak.

“Kuncinya adalah bagaimana kita semua memelihara tempat ini karena jangan sekedar kita bisa membangun tapi tentu kita juga harus mampu memelihara,” kata Yana.

“Semoga bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat kota Bandung,” imbuhnya.

Implementasi visi nyaman

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengapresiasi dan menyambut baik diresmikannya ruang publik baru tersebut.

“Ini adalah mengimplemetasian salah satu visi Kota Bandung yaitu nyaman. Pemanfaatan tata ruang kota Bandung maka area-area publik seperti ini sangat dibutuhkan,” kata Yudi.

Yudi berharap, pembangunan ruang ruang publik ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.

“Hal yang sudah ditorehkan oleh Pemerintah Kota Bandung dengan kolaborasinya dengan berbagai pihak ini bisa kemudian dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat kota Bandung,” ujarnya.

Ruang Publik Ciko Arena 1 di Kelurahan Binong dibangun dilahan seluas 1367 meter. Peresmian Ditandai dengan melepas perahu oleh Wali Kota Bandung, Dansektor 22 Citarum Harum, DPRD Kota Bandung, beberapa kepala OPD dan komunitas. ***

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita