Menu

Mode Gelap

Berita · 5 Agu 2023 17:09 WIB ·

Sukses Memotivasi Ribuan ASN Pemkab Jembrana Bali, Dr Aqua Dwipayana Lanjutkan Kiprah Serupa kepada Ratusan Karyawan Perusahaan Besar di Kawasan yang Sama

 SETELAH sukses berduet bersama putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana memotivasi ribuan aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Jembrana di GOR Kresna Jvara di Desa Batuagung Dusun Sawe Rangsasa Kota Negara Jembrana pada Sabtu pagi 5 Agustus 2023,  malam harinya mulai pukul 19.00 WITA Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana siap melakukan kegiatan serupa kepada ratusan karyawan di Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Kabupaten Jembrana.* Perbesar

SETELAH sukses berduet bersama putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana memotivasi ribuan aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Jembrana di GOR Kresna Jvara di Desa Batuagung Dusun Sawe Rangsasa Kota Negara Jembrana pada Sabtu pagi 5 Agustus 2023,  malam harinya mulai pukul 19.00 WITA Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana siap melakukan kegiatan serupa kepada ratusan karyawan di Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Kabupaten Jembrana.*

JEMBRANA, BALI (TUGUBANDUNG.ID) – Setelah sukses berduet bersama putra bungsunya Savero Karamiveta Dwipayana memotivasi ribuan aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Jembrana di GOR Kresna Jvara di Desa Batuagung Dusun Sawe Rangsasa Kota Negara Jembrana pada Sabtu pagi 5 Agustus 2023,  malam harinya mulai pukul 19.00 WITA Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana siap melakukan kegiatan serupa kepada ratusan karyawan di Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Kabupaten Jembrana.

Peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Untuk Mengoptimalkan Pelayanan di Internal dan Eksternal” itu adalah para karyawan dari empat perusahaan besar. Semua pemiliknya bersaudara.

Bisnis utamanya adalah rumah makan, toko emas, percetakan dan alat tulis kantor, serta roti bakar. Semua pemilik usaha itu dimotori yang punya Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Hasib Sucipto sepakat mengundang Dr Aqua Dwipayana dan Ero panggilan akrab Savero Karamiveta Dwipayana untuk memotivasi semua karyawan mereka.

Pemilk usaha lainnya adalah Siswati dan Rahmat Eko. Ibu dan anak ini mengelola belasan toko emas di Jembrana yang tergabung dalam Toko Emas Sinar Mutiara Group. Selain itu pemilik tiga toko alat tulis kantor dan foto kopi “Creative” Dany Cahyono. Dia adalah menantu Siswati.

Sedangkan pemilik 16 cabang (pabrik produksi dan outlet kaki lima) Mr Rafi Roti Bakar, Jelly Pelangi, Mr Rafi Roti Tawar, Teh Tarik Bang Jali, dan Teh Nomu adalah Zahid Abi Rofi. Dia juga menantu Siswati. Pada Jumat 4 Agustus 2023 malam, Dr Aqua Dwipayana telah bertemu dengan para pemilik bisnis itu di Rumah Makan Bidadari 2. Mereka mendiskusikan berbagai hal terkait karyawan hingga larut malam.

PADA Jumat 4 Agustus 2023 malam, Dr Aqua Dwipayana bertemu dengan sekeluarga para pemilik bisnis penting di Kabupaten Jembrana di Rumah Makan Bidadari 2. Mereka mendiskusikan berbagai hal terkait karyawan hingga larut malam.*

Rezeki dan berkah

Hasib Sucipto mengatakan kehadiran Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di restoran miliknya merupakan rezeki dan berkah buat dia sekeluarga dan semua karyawannya yang berjumlah 45 orang.

Cipto panggilan akrab Hasib Sucipto sekeluarga bersama seluruh karyawannya menyambut Dr Aqua Dwipayana dengan penuh suka cita. Apalagi pembicara laris itu tidak hanya datang, tetapi juga berkenan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada mereka. Apalagi kali ini merupakan kehadiran Dr Aqua kedua kali dalam waktu yang berdekatan di rumah makan tersebut.

Saat kedatangan yang pertama kali, sebagai wujud rasa hormat kepada Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat itu, Cipto menjemput sendiri di Pelabuhan Gilimanuk Jembrana pada Senin siang 24 Juli 2023.

Dr Aqua Dwipayana sebelumnya telah menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Dengan Sepenuh Hati Melayani Semua Tamu di Rumah Makan Bidadari 2 Negara, Jembrana, Bali”. Acaranya yang dihadiri puluhan orang tersebut dilaksanakan pada Senin siang 24 Juli 2023 pukul 13.00 Wita di ruang VIP Rumah Makan Bidadari 2 Jl Raya Denpasar Gilimanuk Desa Banyubiru, Kaliakah, Negara, Jembrana, Bali.

Cipto menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua Dwipayana yang di tengah kesibukannya menyempatkan waktu ke Negara untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Kehadiran motivator kawakan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja di rumah makan tersebut.

Pada kehadirannya yang kedua kali ini, Dr Aqua Dwipayana mengaskan bahwa dalam era dinamika bisnis dan teknologi yang terus berkembang, kemampuan komunikasi yang efektif menjadi kunci utama untuk mengoptimalkan pelayanan baik di internal perusahaan maupun dalam interaksi dengan pihak eksternal.

“Perusahaan yang mampu mengimplementasikan strategi komunikasi yang baik memiliki peluang lebih besar untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan karyawan, mitra bisnis, dan pelanggan,” demikian ditegaskan Dr Aqua Dwipayana.

Doktor komunikasi lulusan Fikom Universitas Padjadjaran itu mengatakan peningkatan kemampuan komunikasi di internal perusahaan menjadi fondasi penting bagi kelancaran proses bisnis. Perusahaan-perusahaan kini semakin sadar bahwa memiliki karyawan yang mampu berkomunikasi dengan jelas dan efisien akan membantu menghindari miskomunikasi yang dapat menghambat alur kerja.

Untuk itu, ia mengatakan, berbagai program pelatihan dan pengembangan komunikasi telah diperkenalkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mendengarkan, dan menulis bagi para karyawan. Dengan demikian, kolaborasi tim dapat ditingkatkan, inovasi diinternalisasi, dan solusi-solusi lebih cepat ditemukan.

Lebih jauh disampaikan, pihak eksternal seperti mitra bisnis dan pelanggan juga memainkan peran penting dalam kesuksesan suatu perusahaan. Kemampuan komunikasi yang kuat akan membantu perusahaan menjalin hubungan yang lebih baik dengan para mitra bisnis, yang pada akhirnya dapat mempercepat pengambilan keputusan, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan.

“Dalam hal berinteraksi dengan pelanggan, kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dan merespons kebutuhan serta masukan mereka akan mengarah pada peningkatan kualitas layanan. Perusahaan yang mampu menjalin komunikasi yang empatik dengan pelanggan akan membangun loyalitas yang lebih kuat dan mampu mengatasi masalah yang muncul dengan lebih cepat,” katanya menguraikan.

Dua Elemen Kunci

Dr Aqua Dwipayana menegaskan komunikasi dan keramahan seluruh karyawan di rumah makan merupakan dua elemen kunci yang sangat berpengaruh dalam menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu. Ketika pegawai berkomunikasi dengan baik dan bersikap ramah, ini dapat meningkatkan kesan positif tentang rumah makan dan membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan.

Pria yang hobi silaturahim ini mengatakan bahwa saat pelanggan memasuki rumah makan, karyawannya harus menyambut mereka dengan senyuman dan salam yang tulus. Sambutan hangat ini menciptakan suasana yang ramah, membuat tamu merasa nyaman, dan dihargai sejak awal kunjungannya.

“Semua karyawan di rumah makan perlu dilatih dalam keterampilan komunikasi yang baik. Mereka harus mampu menyimak dengan seksama saat pelanggan berbicara, menjawab pertanyaan dengan jelas, dan memberikan informasi yang diperlukan tentang menu dan layanan dengan tepat,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Seluruh karyawan harus berusaha memahami kebutuhan dan keinginan tamu dengan empati. Jika ada permintaan khusus atau pertanyaan tentang makanan, mereka harus bersikap pengertian dan berusaha untuk membantu dengan sepenuh hati. Keramahan juga tercermin dari ketersediaan mereka untuk membantu tamu. Jika pelanggan membutuhkan sesuatu, harus siap untuk merespons dengan sigap dan membantu menyelesaikan masalah atau kebutuhan tersebut.

“Sebuah rumah makan harus terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan mereka agar tetap relevan dan menawarkan pengalaman kuliner terbaik bagi setiap pelanggan. Mereka menyimak masukan dari pelanggan dan senantiasa mencari cara untuk lebih meningkatkan kualitas dan keramahan dalam layanan mereka,” ungkap Dr Aqua Dwipayana yang merupakan doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini.

Salah satu aspek yang membedakan sebuah rumah makan adalah perhatian mereka pada detil dan kebutuhan khusus pelanggan. Jika ada pelanggan dengan alergi atau preferensi diet tertentu, karyawan rumah makan dengan cermat mempersiapkan hidangan yang sesuai agar setiap orang bisa menikmati makanan tanpa khawatir.

Berikut adalah beberapa tips untuk dapat melayani semua tamu dengan sepenuh hati sebagaimana diuraikan Dr Aqua Dwipayana.

Sambutlah pelanggan dengan ramah. Ketika tamu memasuki rumah makan, sambut mereka dengan senyum dan salam yang hangat. Tunjukkan bahwa Anda senang mereka datang.

“Saat pelanggan memesan makanan atau memiliki pertanyaan, simak dengan baik dan perhatikan kebutuhan mereka. Jika ada permintaan khusus, cobalah untuk memenuhinya sebisa mungkin,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu melanjutkan tips lainnya yakni memberikan rekomendasi dengan bijaksana. Jika tamu kesulitan memilih makanan, berikan rekomendasi berdasarkan menu dan preferensi mereka. Pastikan Anda memahami menu dengan baik untuk memberikan saran yang tepat.

“Selanjutnya, jaga keramahan selama pelayanan. Saat melayani pelanggan, berinteraksi dengan ramah dan jaga keramahan. Jangan ragu untuk bertanya apakah mereka membutuhkan sesuatu atau apakah semuanya baik-baik saja,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Juga, pastikan kualitas makanan dan minuman. Kualitas makanan dan minuman adalah kunci untuk mendapatkan kepuasan tamu. Pastikan makanan disajikan dengan baik, rasa sesuai dengan harapan, dan minuman selalu diisi saat kosong.

Laksanakan 5S Beri Layanan Prima

Semua karyawan, lanjut Dr Aqua Dwipayana lebih jauh, agar bersama-sama konsisten melakukan budaya 5S. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu menguraikan tentang budaya 5S yakni senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Jadikanlah hal itu sebagai kebiasaan rutin dalam upaya memberikan layanan prima kepada semua tamu. Berikut uraiannya.

Senyum

Senyum merupakan ibadah, biasanya seseorang tersenyum karena mereka sedang bahagia, senang gembira suka dan sebagainya. Senyuman menambah manisnya wajah, senyuman dapat melumpuhkan musuh, menyembuhkan penyakit , perekat tali persaudaraan dan biasa jadi sarana tercapainya perdamaian.

Salam

Dalam Islam diajarkan salam berupa “Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarokatuh” yang artinya salam sejahtera, rahmat Allah dan berkatNya atas kamu. Salam juga merupakan bentuk pernyataan hormat. Jika seseorang memberi salam kepada orang lain berarti seorang itu bersikap hormat kepada orang yang dia beri salam.

Sapa

Menyapa identik dengan menegur, menyapa bisa berarti mengajak seorang untuk bercakap-cakap. menyapa bisa memudahkan siapa saja untuk bisa lebih akrab, saling kontak, dan berkomunikasi. misalnya saja dengan memanggil nama atau dengan sapaan-sapaan lainnya.

Sopan

Sopan adalah perilaku yang menjunjung tinggi niai-nilai menghormati, menghargai tidak sombong, dan berakhlak mulia. perwujudan sikap sopan dalam budaya Jawa yaitu dengan menggunakan bahasa yang sopan (menggunakan bahasa Krama ketika berbicara dengan yang lebih tua), dan tidak memiliki sifat yang sombong.

Santun

Santun memiliki pengertian halus dan baik (tingkah lakunya). seseorang yang memiliki sikap santun akan mementingkan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. inti dari sikap santun adalah berperilaku sesuai aturan dan tataran norma yang ada. ***

Artikel ini telah dibaca 242 kali

Baca Lainnya

Siswa SDN 1 Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Saat Dapat Makan Siang Bergizi Gratis

15 Oktober 2024 - 18:41 WIB

Lewat Gerakan 1000 Masjid Pelosok Negeri Lazis Darul Hikam Resmikan Masjid Al Ihsan di Kabupaten Cianjur

15 Oktober 2024 - 14:38 WIB

Korban Pengeroyokan Alami Luka Robek Di Kepala, Dua Pelaku Diciduk Polisi

15 Oktober 2024 - 13:15 WIB

Farhan-Erwin dapat Dukungan dari Sejumlah Kader dan Mantan PAC Partai Gerindra Kota Bandung

15 Oktober 2024 - 11:24 WIB

Pantau Frekwensi Radio, INTI Pasang Alat di 500 Lokasi Se-Indonesia

15 Oktober 2024 - 10:05 WIB

Benahi Jalur KA, KAI Komitmen Tingkatkan Pelayanan

15 Oktober 2024 - 08:33 WIB

Trending di Berita