Menu

Mode Gelap

Didaktika · 27 Mei 2022 09:19 WIB ·

STAI Yapata Al-Jawami Termasuk PT Islam yang Sehat

 PROF. Dr. K.H. Mahmud, M.Si. dalam sambutannya pada acara Wisuda Angkatan Ke-13 STAI Yapata Al-Jawami di Puri Khatulistiwa Hotel Jatinangor, Rabu (25/05/2022).* Perbesar

PROF. Dr. K.H. Mahmud, M.Si. dalam sambutannya pada acara Wisuda Angkatan Ke-13 STAI Yapata Al-Jawami di Puri Khatulistiwa Hotel Jatinangor, Rabu (25/05/2022).*

KABUPATEN SUMEDANG (TUGUBANDUNG.ID) – Dari lebih 150 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Kopertais Wilayah II Jawa Barat, STAI Yapata Al-Jawami Bandung termasuk salah satu PTKIS yang sehat.

Demikian disampaikan Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. K.H. Mahmud, M.Si. dalam sambutannya pada acara Wisuda Angkatan Ke-13 STAI Yapata Al-Jawami di Puri Khatulistiwa Hotel Jatinangor, Rabu (25/05).

Oleh karena itu, menurut Profesor Mahmud, para wisudawan lulusan STAI Yapata Al-Jawami Bandung harus berbangga karena dapat menyelesaikan pendidikan tinggi hingga menyandang gelar sarjana di STAI Yapata Al-Jawami. Kebanggaan tersebut akan lebih baik jika ditindaklanjuti dengan giat berkarya di lingkungan masyarakat, sehingga  masyarakat akan merasakan manfaat dari ilmu yang didapatkan di bangku kuliah.

“Milikilah kemampuan yang cukup, kemauan yang kuat, kesungguhan dan pantang menyerah,” tambah Profesor Mahmud yang juga Ketua Forum Perguruan Tinggi Keagamaan dengan menganalogikan dalam Filsafat Rumput.

Profesor Mahmud menyampaikan, dengan memiliki enam program studi yang potensial, yakni Pendidikan Agama Islam (S-1), Hukum dan Ekonomi Syariah (S-1), Psikologi Islam (S-1), Pendidikan Islam Usia Dini (S-1), Komunikasi Penyiaran Islam (S-1), dan Manajemen Haji & Umrah (S-1), STAI Yapata Al-Jawami memiliki harapan besar untuk menjadi PTKIS yang berkembang dan maju. “Bahkan kalau semua program studi sudah terakreditasi dengan baik, ke depan harus segera menjadi institute,” tambah Profesor Mahmud.

Pada acara wisuda STAI Yapata Al-Jawami tersebut, selain dihadiri Ketua STAI Yapata Al-Jawami, Dr. K.H. Deding Ishak, S.H.,M.M., turut hadir juga memberikan orasi ilmiah, Wakil Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. K.H. Rosihon Anwar, M.Ag., Kapala Kanwil Kemenag Jawa Barat yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam, Dr. H. Yusup, M.Pd., Bupati Bandung yang diwaliki Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Dr. Agus Firman  Zaini, M.Si., para tokoh Jawa Barat, para dosen, dan sivitas akademika STAI Yapata Al-Jawami Bandung.

Ketua STAI Yapata Al-Jawami, Dr. K.H. Deding Ishak, S.H.M.M. dalam pidatonya menyampaikan harapannya kepada seluruh wisudawan STAI Yapata Al-Jawami agar dapat mengamalkan ilmu yang didapatkan di kampus bagi kemaslahatan umat. Apalagi, lulusan STAI Yapata Al-Jawami tidak hanya dibekali ilmu-limu keduniawian, tetapi juga telah memiliki kemampuan yang cukup tentang ilmu-ilmu keagamaan. “Insya Allah alumni STAI Yapata Al-Jawami selain melek Iptek, juga memiliki Imtak yang kuat,” tambah Deding Ishak.

Hal itu, menurut Deding, telah dibuktikan dengan kiprah alumni STAI Yapata Al-Jawami yang hampir mencapai seribu orang di masyarakat. Mereka dapat mengabdikan ilmunya bagi banyak profesi, mulai guru, dosen, hakim agama, penyuluh keagamaan, berkarier di perbankkan syariah, penceramah, dan profesi lainnya dengan tersebar tidak hanya di wilayah Jawa Barat, tetapi di seluruh Indonesia. “Kami bangga dengan alumni STAI Yapata Al-Jawami dan kami do’akan para wisudawan sekarang ini pun dapat memberikan manfaat besar pada umat,” tambah Deding.

Pada kesempatan itu pula, Deding Ishak menyampaikan bahwa setiap tahun akademik, STAI Yapata Al-Jawami tetap konsisten memberikan beasiswa kuliah kepada para duafa, anak yatim, santri, guru ngaji, pengurus masjid, dan kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan, tetapi tidak memiliki kemampuan ekonomi. “Ini adalah amanah Bapak (K.H. Totoh Abdul Fatah.red) bahwa STAI Yapata Al-Jawami harus selalu membantu pada setiap umat yang memerlukan pertolongan, terutama yang ingin melanjutkan pendidikan,” tegas Deding Ishak yang juga putra ulama besar K.H. Totoh Abdul Fatah (Alm) yang sempat menjabat Ketua MUI Pusat, Ketua Umum MUI Jawa Barat, dan Pimpinan Pesantren Al-Jawami Cileunyi Bandung. ***

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 436 kali

Baca Lainnya

Herman Suryatman, Kebermanfaatan Keterbukaan Informasi untuk Kesejahteraan Rakyat Jawa Barat

11 Juli 2024 - 10:13 WIB

Pebulutangkis Spidernoy Ingin Membangun Masjid

23 Juni 2024 - 12:49 WIB

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Ajarkan Pendidikan Kurban, Darul Hikam Internasional Lembang Ajak Siswa Buat Karya Tulis

20 Juni 2024 - 22:28 WIB

International Communication Association Gandeng Fikom Unpad, Gelar 74th ICA Annual Conference Jakarta- Bandung Hub

20 Juni 2024 - 21:47 WIB

Siswa SMP Darul Hikam Pahami Esensi Idul Adha dengan Cara Ini!

18 Juni 2024 - 20:55 WIB

Trending di Berita