Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Sep 2022 06:20 WIB ·

Siswa SMP di Kota Bandung Berkolaborasi Hasilkan Aksi dan Menambah Relasi

 Siswa SMP di Kota Bandung Berkolaborasi Hasilkan Aksi dan Menambah Relasi Perbesar

BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Kolaborasi merupakan hal penting yang harus diterapkan oleh berbagai kalangan saat ini. Dengan kolaborasi bisa tercapai beberapa keinginan atau tujuan yang akan jauh lebih berkembang dibanding dilakukan sendiri.

Seperti itulah yang dilakukan oleh siswa SMP se-Kota Bandung. Di inisiasi oleh siswa SMP Darul hikam, SMP Hikmat Teladan, dan SMP Istiqamah.

Siswa dari tiga sekolah itu berkolaborasi membuat aksi dengan menggelar acara “Youth Conference”.

Konferensi anak muda kali ini mengangkat tema lingkungan hidup, puncak acaranya sendiri digelar seminar lingkungan hidup yang diikuti ratusan siswa SMP se-Kota Bandung, di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Jabar, Rabu, 31 Agustus 2022.

Selama beberapa bulan terakhir, OSIS di ketiga sekolah inisiator kolaborasi itu, telah melaksanakan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan kepedulian pada lingkungan.

Kepala Sekolah SMP Darul Hikam Yudianto mengatakan bahwa kegiatan kolaborasi tersebut inisiatif para siswa, pihak sekolah hanya memberikan dukungan dan membantu mengarahkan.

“Alhamdulillah kegiatan kolaborasi ini merupakan inisiatif siswa, bahkan hingga mencari donasi untuk melaksanakan berbagai kegiatan pun murni mereka yang mencari sendiri, pihak sekolah hanya mengarahkan saja, ” katanya.

Kolaborasi itu sendiri menurut Yudi memberikan pengalaman dan pendidikan yang sangat besar bagi siswa.

“Mereka bisa belajar berinteraksi, mematangkan diri, berbaur dan kompak padahal kan mereka beda seragam dan sebelumnya tidak saling mengenal, itulah makna kolaborasi yang diharapkan bisa memberikan pelajaran penting di luar kelas, ” tambah Yudi.

Yudi menambahkan bahwa untuk SMP Darul Hikam sendiri, program kolaborasi itu menjadi program pengembangan siswa yang salah satunya sebagai wadah untuk mempraktikan pembiasaan kepemimpinan.

“Disini mereka belajar dengan orang lain dari yang sebelumnya tidak dikenal, jadi bisa meningkatkan kepercayaan diri anak anak. Untuk SMP Darul Hikam sendiri, ajang ini bisa digunakan sebagai pembelajaran lewat kegiatan aksi di lapangan, hingga praktik pembiasaan kepempimpinan,” tambahnya.

Seminar lingkungan sebagai puncak acaranya pun disambut antusias oleh puluhan siswa yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Selain dari tiga sekolah inisiator, seminar diikuti ratusan siswa dari sejumlah SMP di Kota Bandung. Sekolah yang mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tersebut antara lain SMPN 34, SMPN 44, SMPN 5, SMP YWKA, SMP YAS, SMP Taruna Bakti, SMP Ibnu Sina, SMP Al-Ghifari, dan SMP Assalam.

Sementara itu, salah seorang siswa SMP Darul Hikam kelas 8 Faizaneta Yusra Zayn Shabiya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan hal baru bagi dirinya. Selain menambah pengalaman berorganisasi, kegiatan kolaborasi itu menambah pengetahuan bagi dia dan teman-temannya.

“Hal yang baru, keren, jarang banget ada acara kayak gini. Nambah relasi juga. Selain pengalaman organisasi, acara ini juga membantu banget, mengedukasi apalagi untuk kita yang akan jadi masa depan bangsa. Layak untuk diapresiasi,” ujarnya.

Senada dengan Faizaneta, siswa SMPN 44 Bandung kelas IX Athallah Nailil Arkana mengungkapkan keseruan acara tersebut.

Selain seru dan menambah wawasan, Athallah mengaku acara tersebut menberikan inspirasi bagi dia untuk membuat projek di sekolah.

“Saya disini bisa dapat kenalan baru, bisa diskusi dan dapat inspirasi untuk membuat projek baru di sekolah yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya, ” katanya.
..
Kegiatan yang dilakukan untuk pertama kalinya ini menurut Yudi disambut antusias tidak hanya oleh pihaj sekolah tapi juga oleh pihak Dinas Pendidikan Jabar.

Tingginnya antusias menjadi pendorong semangat sekolah untuk terus mendukung kegiatan, dan bahkan berencana akan menambah kolaborasi dengan sejumlah sekolah lainnya.

“Respon siswa sangat bagus sekali, dan semuanya di luar ekspektasi, karena dengan ajang seperti ini ada forum kolaborasi antara OSIS SMP se-Bandung Raya, untuj mencurahkan ide dan pikiran dan tujuannya yaitu adanya kolaborasi dan aksi, ” pungkas Yudi. ***

Artikel ini telah dibaca 326 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

12 April 2024 - 09:21 WIB

Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama Ramadan

12 April 2024 - 09:13 WIB

Tour de Thailand Putri 2024: Jutatip Juara Umum, Secara Dramatis Kalahkan Nguyen

11 April 2024 - 19:31 WIB

Memasuki H+1 Arus Meningkat Drastis, Polres Garut Berlakukan Sistem One Way 

11 April 2024 - 13:56 WIB

HARI RAYA IDULFITRI Bey Machmudin: Jaga Kerukunan untuk Jawa Barat yang Damai dan Nyaman

10 April 2024 - 11:11 WIB

Malam Takbiran Lebaran 2024 di Bandung Kondusif

10 April 2024 - 10:51 WIB

Trending di Berita