Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Mei 2022 23:14 WIB ·

Persaingan Tim Red Bull Honda dan Scuderia Ferrari

 Max Verstappen juara F1 GP Spanyol 2022 (Foto: Getty Images/Mark Thompson).* Perbesar

Max Verstappen juara F1 GP Spanyol 2022 (Foto: Getty Images/Mark Thompson).*

Catatan Grand Prix F1/2022 Setelah 6 Seri.

AWAL musim 2022 balap mobil Grand Prix Formula 1 hingga GP Spanyol, Minggu (22/5/2022) telah menyelesaikan enam seri dan tanpa jeda pekan depan dilanjutkan seri VII GP Monako (29/5/2022).

Tim Red Bull Honda dan Scuderia Ferrari menguasai persaingan hingga seri ke-6 musim ini. Tim Red Bull Honda paling dominan dengan menguasai empat seri, yaitu GP Saudi Arabia, Italia, Amerika dan Spanyol oleh pembalap andalanya juara dunia GP F1/2021 Max Vestappen (Belanda). Sedangkan tim Scuderia Ferrari menang 2 kali di GP Bahrain dan Australia oleh Charles Leclerc (Monako).

Penampilan dua tim ini (Red Bull Honda dan Scuderia Ferrari) sangat luar biasa di awal musim 2022 membungkam tim Mercedes GP Petronas yang selama tujuh tahun (2014-2020) menguasai arena GP F1.

Penampilan apik kedua tim, tidak terlepas dari dua pembalap muda yang sangat menonjol pada musim ini, yaitu Max Verstappen (Red Bull Honda) dan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari). Keduanya bergantian memuncaki podium, namun paling konsisten Max Verstappen dengan 4 kemenangan seri GP dan Leclerc merebut 2 GP

Tim lain di enam seri awal 2022 hanya memperebutkan tempat podium tersisa. Dan, yang cukup memprihantinkan, juara dunia 7 kali Lewis Hamilton (Mercedes GP Petronas) baru sekali kebagian podium urutan ketiga di GP Bahrain. Yang lebih menonjol di tim Mercedes GP adalah pembalap mudanya George Russell dengan merebut dua kali podium ketiga di GP Australia dan GP Spanyol.

Pada seri VI GP Spanyol di sirkuit Barcelona (22/5/2022), posisi 1-2 menjadi milik tim Red Bull Honda, Max Verstappen (Belanda) menjadi juara, Sergio Perez (Meksiko) kedua dan George Russel (Mecedes GP/Inggris) menempati podium ketiga. Sementara andalan tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc tak mencapai finis karena gangguan teknis.

Hingga seri VI, pimpinan klasemen masih jadi milik Max Verstappen (Red Bul Honda) dengan 110 poin, kedua Charles Leclerc (Ferrari) 104 poin. Posisi ketiga Sergio Perez (Red Bull Honda) 85, keempat George Russell (Mercedes GP) 74 dan kelima Carlos Sainz Jr. (Ferrari) 65.

Hattrick Verstappen

Prestasi juara dunia GP F1/2021 Max Verstappen paling menonjol musim ini dengan mencetak “hattrick” tiga kemenangan beruntun di GP Italia, Amerika dan Spanyol.

Hasil seri VI GP Spanyol yang didominasi finis 1-2 oleh Red Bull Honda (Vestappen dan Perez) memunculkan angka magic 3 bagi Vertappen yang menang beruntun di tiga seri GP.

“Ini merupakan angka 3 yang punya nilai magic bagi pencapaian tim kami di tiga seri beruntun musim ini. Kami berharap di seri VII GP Monako akhir pekan ini di sirkuit jalanan Monte Carlo tim Red Bull Honda masih bisa bersaing ketat dengan pembalap tuan rumah Monako, Charles Leclerc (Ferrari),” ungkap Max Verstappen andalan tim Red Bull Honda.

Sementara bagi tim Ferrari yang gagal naik podium di GP Spanyol bertekad kembali bisa naik podium di GP Monako. “Saya akan berusaha sebaik mungkin berlomba maksimal di Monako tempat negara asal saya,” ungkap Charles Leclerc andalan tim Ferrari.

Sedangkan tim Mercedes GP Petronas yang belum kebagian memuncaki podium musim ini sebagai tim penguasa GP F1 hingga tahun 2020 berharap bisa memperbaiki performa di Monako.

Menurut pimpinan teknis tim Mercedes GP Petronas James Allison, kekurangan yang mereka evaluasi ada pada faktor mesin dan itu sulit diatasi dalam waktu singkat karena pengembangan mesin secara menyeluruh tak diizinkan dan akan memakan waktu.

“Yang bisa kami lakukan pada mesin melakukan terobosan seputar bagian ‘turbo’ dan bagian kinerja mesin lainnya yang masih mungkin dilakukan,“ jelas Allison pada rilis timnya.

Kita nantikan persaingan dua tim papan atas Red Bull Honda vs Scuderia Ferrari serta kemajuan apa yang bisa dicapai tim lainnya pada seri VII GP F1 Monako pada Minggu (29/5/2022) mendatang. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita