Menu

Mode Gelap

Berita · 1 Apr 2022 21:00 WIB ·

Peringati Hari Peduli Autisme Sedunia, Atalia: Keterbatasan Bukan Penghalang untuk Berkarya

 Atalia Praratya/Instagram ataliapr Perbesar

Atalia Praratya/Instagram ataliapr

TUGU BANDUNG – Ketua TP-PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, keterbatasan bukan penghalang bagi anak-anak penyandang autisme untuk berkarya.

Menurut Atalia, Hari Peduli Autisme Sedunia atau _World Autism Awareness Day_ yang diperingati setiap 2 April merupakan momentum membangkitkan semangat penyandang autisme untuk terus berkarya.

“Banyak anak-anak yang bisa, mampu, untuk memberikan karya, termasuk juga mereka bisa menjadi anak bahagia. Itu berkat dukungan orang tua dan lingkungan sekitar,” kata Atalia dalam acara Hari Autis Internasional Zoleka dengan tema “Walking Together” di Atrium BTC Mall, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022).

Atalia menuturkan, berdasarkan data Dinas Sosial Provinsi Jabar, jumlah penyandang disabilitas di Jabar sebanyak 27.600 orang. Sedangkan penyandang autisme sekitar 500 orang.

Menurut Atalia, peran orang tua amat penting dalam membimbing sekaligus menjadi mentor agar penyandang autisme terus berkembang dan berkarya.

“Ini memang penting sekali bahwa orang tua pun memiliki ruang bersama, memiliki tempat untuk mereka berkomunikasi dengan mereka yang memiliki kondisi yang sama. Jadi saya mendorong agar semua orang tua tidak merasa sendirian, sehingga bisa masuk ke dalam kelompok-kelompok yang bisa saling berbagi,” ucapnya.

“Jadi saya berharap melalui kegiatan hari ini kemudian kita mendorong anak-anak ini bisa menunjukkan karyanya. Kita dorong supaya mereka memiliki keterkaitan dengan pengusaha dan perusahaan. Ini bisa mendorong mereka supaya menjadi anak yang mandiri,” imbuhnya.

Adapun hasil karya penyandang autisme yang ditampilkan dalam acara tersebut beragam, mulai dari fesyen, buku, sampai tempat minum. Atalia berharap penyandang autisme di Jabar tetap semangat berkarya dan menginspirasi.

“Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi semuanya bahwa di tahun 2022 ini terkait dengan Hari Autisme Internasional, saya berharap bahwa semakin banyak lagi anak-anak kita yang mampu untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya,” katanya.***

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pegawai Outsourcing Ditangkap Polisi, KAI Dukung Proses Hukum

13 Juni 2024 - 11:50 WIB

Parlemen Kota Bandung Siap Mengawal Kelanjutan Gugatan Aliansi Eks-Karyawan Pikiran Rakyat Sesuai Koridor Hukum, Jangan Ada Pihak yang “Masuk Angin”

13 Juni 2024 - 10:37 WIB

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Trending di Berita