Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Apr 2022 12:09 WIB ·

Memetik Hikmah dari Kiprah Silaturahim Dr Aqua saat Ramadan

 Memetik Hikmah dari Kiprah Silaturahim Dr Aqua saat Ramadan Perbesar

RASULULLAH SAW bersabda, “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amalannya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni.” (Hadits Riwayat Ath-Thabrani).

DR Hadi Suprapto Arifin.*

Masya Allah. Pada masa Ramadan nan agung yang juga disebut sebagai bulannya seribu bulan (alfi syahrin), sosok Dr Aqua Dwipayana memilih untuk melakoni amalan pada bulan Ramadan ini pada tingkat amal yang tertinggi. Mas Aqua melakoninya dengan penuh keikhlasan dan konsisten menyambangi tempat-tempat terjauh untuk bersilaturahim.

Tatkala Rasulullah Saw menyampaikan bahwa “tidur dan diam” saja menjadi ibadah serta bertasbih saat tidur dan diam diniatkan untuk menghindari kemaksiatan, Mas Aqua memilih beraktivitas silaturahim sekaligus berbagi ilmu ke segenap penjuru.

Itulah yang saya amati dari sepak terjang dan aktivitas yang dijalani Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana, sepanjang dua pekan awal Ramadan 1443 H ini.  Mas Aqua tak henti menapaki bumi Sulawesi. Menyambangi setiap pelosok Bumi Celebes tanpa pernah merasa Lelah.

Beliau menjalankan puluhan sesi berkiprah di majelis ilmu, majelis yang sangat dimuliakan Allah SWT. Beliau terus berbagi ilmu, mencerahkan pikir dan jiwa jiwa ribuan orang agar mampu menapaki hidup dengan penuh amanah.

Tak sekadar itu. Mas Aqua juga berupaya menggembirakan banyak peserta dengan menebar hadiah. Ia telah mewujudkan amal silaturahim sebagai komitmen hidupnya. Tanpa henti, terus berputar sepanjang hayat masih dikandung badan.

Sebanyak 59 sesi dan 7.500 peserta

Jika dirunut aktivitas Mas Aqua sesungguhnya sudah berjalan ke Bumi Sulawesi sebulan sebelum Ramadan dan kemudian berlanjut pada dua pekan awal Ramadan 1443 H. Sejak Rabu (16/3/2022) selama hari kerja, hingga Kamis (14/4/2022) beliau  mendapat rezeki keliling Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar), dan pada Senin (11/4/2022) sekitar lima jam berada di Palu, Ibu kota Sulawesi Tengah (Sulteng).

Agenda utama mendatangi tiga provinsi itu adalah melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sebagaimana diketahui, Dr Aqua Dwipayana mendapat  amanah terutama dari dua teman akrabnya, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana untuk “menyentuh” jajaran mereka.

Khusus di bulan Ramadan ini, Dr Aqua merasa sangat bersyukur karena selama Ramadan dapat mengisinya dengan aktivitas yang produktif bermanfaat buat orang banyak. Dalam catatan saya, minggu pertama dan kedua Ramadan, beliau  telah melaksanakan 26 sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi. Rinciannya minggu pertama 17 sesi (lima hari) dan  Minggu kedua 9 sesi (empat hari).

Seluruhnya di tiga provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat. Semuanya di tujuh daerah tingkat dua yakni Makassar, Parepare, Palu, Pasangkayu, Mamuju, Majene, dan Polewali Mandar (Polman). Semua kegiatan itu dilaksanakan di lima instansi: TNI, Polri, Kejaksaan, BNI, dan Bank Mandiri.

Sekitar 21 hari, khusus di jajaran TNI-Polri, Dr Aqua telah melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 54 sesi dari rencana sedikitnya 65 sesi. Dari jumlah itu, sebanyak 26 sesi dilaksanakan selama bulan Ramadan.

Selain itu, ada lima sesi lainnya yakni dengan teman-teman wartawan dan mahasiswa yang dilaksanakan pengelola media online Pedoman Rakyat Makassar. Juga, dengan ratusan pegawai baru Kejaksaan Sulteng atas undangan teman baik beliau, yang menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng Jacob Hendrik Pattipeilohy.

Di samping itu dengan pegawai BNI Cabang Palopo dan Cabang Parepare. Juga Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan pegawai Bank Mandiri Cabang Palu., Maka, jika ditotal seluruh peserta yang hadir di 59 sesi tersebut, sedikitnya hadir 7.500 orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Meski tujuannya sama yakni ingin mendalami komunikasi dan mendapatkan motivasi.

Makin produktif saat Ramadan

Saat melakukan semua aktivitas Sharing Komunikasi dan Motivasi itu, Dr Aqua mengatakan beliau lebih mensyukuri karena selama ini merasakan betapa sangat baiknya Tuhan kepada beliau, sehingga bisa berbagi pada ribuan orang.

Tidak hanya berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman. Tetapi juga yang lainnya termasuk materi dan aneka hadiah yang membuat bahagia puluhan orang penerimanya.

Saat melakukan semua itu dengan ikhlas, niat sepenuhnya ibadah. Dr Aqua Dwipayana dapat merasakan arti sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi banyak manfaat pada sesama. Terasa bisa berkontribusi nyata pada ribuan orang yang latar belakangnya berbeda-beda.

Ternyata bagi Dr Aqua, bulan Ramadan sama sekali bukan sebagai hambatan. Bahkan, beliau merasa makin produktif karena tidak perlu istirahat makan siang. Dengan demikian waktunya optimal sekali.

Begitu menyenangkannya semua aktivitas tersebut, membuat dirinya makin ketagihan melakukan kegiatan produktif tersebut. Ingin selama Ramadan mengoptimalkannya.

Kini, sederet agenda telah menanti di berbagai kota. Satu-persatu beliau tuntaskan dengan terus berdoa kepada Tuhan agar selalu memberi kekuatan melaksanakan semua aktivitas tersebut.

Amal luar biasa

Sungguh amal saleh yang luar biasa. Meski hampir dipastikan menguras energi lahir batin yang luar biasa, tapi saat semua ditapaki secara ikhlas dan niat memperoleh rida Allah Subhanahu Wata’ala,  pasti semua akan terasa ringan.  Bahkan, menyenangkan dan membahagiakan.

Seluruh aktivitas Sharing Komunikasi dan Motivasi itu menguras energi lahir batin yang luar biasa. Apalagi seluruh aktivitas tersebut diniatkan ibadah. Beliau sama sekali tidak menerima/mendapatkan materi/uang dari semua instansi yang saya berikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Namun, rasa syukur, kepuasan, dan  kebahagiaan yang diterima beliau dari pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi 26 sesi tersebut tidak dapat digantikan oleh uang berapa pun juga.

Sungguh sebuah perjalanan fisik dan mental yang uar biasa. Terkadang, kalau saya mengamati segala aktivitas Mas Aqua, seakan saya menyaksikan keajaiban. Atau, terkadang terlintas dalam benak pikiran saya, amal sakeh kebaikan yang ada pada Mas Aqua, hanya mewujud pada dunia sinetron. Akan tetapi, semua ini nyata. Itulah ajaibnya.Ajaib karena memang ada orang yang mau (dan terus konsisten) melaksanakannya. Tanpa ada pamrih atau iktikad lain semata demi berkhidmat pada kebaikan dan keberkahan sebanyak mungkin orang.

Pada akhirnya, saya sampaikan selamat beraktivitas Mas Aqua. Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan kesehatan, kesuksesan, dan keberkahan di setiap langkah. Selamat beramal saleh di masa Ramadan ini, bulannya seribu bulan. Bulan ketika semua pahala amalan dilipatgandakan tanpa batas. Masa ketika doa-doa dikabulkan dan dosa diampuni. Aamiin ya Rabbbal ‘Alamin. (Dr Hadi Suprapto Arifin, MSi, dosen Fikom Universitas Padjadjaran)***

 

 

Artikel ini telah dibaca 129 kali

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita