Menu

Mode Gelap

Berita · 27 Jun 2022 10:49 WIB ·

Koran Haluan “Memaksa” Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Pulang Kampung

 Koran Haluan “Memaksa” Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Pulang Kampung Perbesar

PADANG (TUGUBANDUNG.ID) – Selama pandemi Covid-19 sekitar tiga tahun terakhir jadwal Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua padat sekali. Silaturahim serta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai daerah. Banyak orang membutuhkan “sentuhannya” agar kembali bersemangat melaksanakan berbagai aktivitas.

Akibat jadwalnya yang super padat, doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini tidak sempat pulang kampung ke Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meski hanya sehari saja. Padahal sebelum pandemi Covid-19 Dr Aqua bisa berhari-hari keliling provinsi itu.

Pekan lalu setelah ditelefon sama Wakil Pemimpin Redaksi Harian Haluan Padang Friheddapinta yang akrab dipanggil Pinto Janir, Dr Aqua akhirnya “menyerah”. Mewakili manajemen koran tertua di Sumbar, raja penyair itu “memaksa” Dr Aqua untuk pulang kampung.

Sabtu (18/6/2022) Subuh, tiba-tiba Pinto mengontak Dr Aqua via telefon. Sebelumnya hal ini belum pernah terjadi. Untuk pertama kalinya dua sahabat itu bicara serius pada pagi hari.

“Pada Sabtu (18/6/2022) Subuh, saya ditelefon Uda Pinto Janir (Wapimred Haluan-red). Kami bercakap-cakap soal pengembangan literasi di dunia pendidikan. Sekaligus, Uda Pinto menyampaikan tentang Haluan Guru. Akan ada beberapa lembar halaman bagi insan pendidikan. Ya, guru. Ya, siswa. Semangat Haluan Guru, kata Uda Pinto, inovatif guru, super kreatif siswanya. Ini yang membuat saya tertarik!” ungkap Dr Aqua pemotivator bersentuh rasa yang sangat yakin bahwa kekuatan silaturahim adalah energi yang memperlapang jalan kehidupan kita.

“Kata Uda Pinto kepada saya, seorang Aqua berkeliling Indonesia membangun pikiran, lalu memotivasi anak bangsa untuk hidup lebih bermanfaat, lebih kuat, lebih mandiri, lebih cerdas, lebih hebat dan lebih beradab, lebih terampil menghadapi, serta mengharungi kehidupan ini. Kata Uda Pinto, Dr Aqua membangun literasi anak bangsa, namun mengapa tidak terjun membangun literasi anak nagari? Saatnya, Dr Aqua ada untuk anak nagari. Saatnya Dr Aqua ikut memberikan motivasi untuk anak nagari. Kata-kata seorang Pinto ini yang membuat saya makin merasa terpanggil untuk mewakafkan apa yang bisa saya lakukan bagi kemanfaatan. Terutama, bagi siswa dan bagi guru. Mari kita sama-sama memajukan ruang pendidikan di ranah ini,” ujar Dr Aqua.

Semua yang disampaikan Pinto itu terus “mengiang” di pikiran Dr Aqua. Ada daya tarik yang kuat untuk segera pulang kampung. Merealisasikan semua yang disampaikan Pinto. Mengabdi untuk Ranah Minang untuk keliling Sumbar memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan pendidikan dan lainnya.

Keinginan kuat itu tidak bisa langsung direalisasikan. Dr Aqua harus menata ulang jadwalnya yang sangat padat hingga September 2022.

Butuh waktu sehari bagi anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat itu untuk merenung dan mengatur agenda yang telah dijadwalkan. Seharusnya minggu lalu Dr Aqua di Sumatera Selatan (Sumsel).

Lewat WhatsApp, Dr Aqua merespon semua yang disampaikan Pinto. Termasuk kiriman berbagai edisi koram Haluan. “Aww, siap Uda PINTO. Alhamdulillah… Semoga dengan keterlibatan Uda PINTO, Haluan lebih maju lagi. Aamiin ya robbal aalamiin… Saya tertarik dengan rencana yang tadi Uda PINTO sampaikan yakni keliling Sumbar memberikan Sharing Komunikasi n Motivasi kepada semua guru, pegawai sekolah, n para siswa di Sumbar. Silakan Uda PINTO jadwalkan.”

Dr Aqua melanjutkan, “Meski jadwal saya padat sekali, namun saya insya ALLAH mengalokasikan waktu untuk Sumbar. Semoga ALLAH SWT meridhoi semua niat baik kita. Aamiin ya robbal aalamiin… Salam hormat buat keluarga. Makasih banyak Uda PINTO.”

Sehari setelah komunikasi sama Pinto, pada Minggu (19/6/2022) pagi, Dr Aqua mantap memutuskan ke Padang. Kedatanganya ke provinsi itu prioritas utamanya adalah ke Haluan.

“Kedatangan saya ke Padang, prioritas utamanya adalah untuk Haluan. Selain melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi, juga mau mengkonkritkan rencana keliling Sumbar untuk mendatangi sekolah-sekolah,” terang Dr Aqua.

Senin (20/6/2022) dengan pesawat pertama dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Dr Aqua ke Padang. Begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di wilayah Ketaping,  Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Dr Aqua langsung ke kantor Haluan yang terletak di Jalan Hamka Komplek Bandara Tabing Padang.

Kedatangan Dr Aqua di sana sudah ditunggu oleh jajaran pimpinan Haluan. Selain Pinto, mereka adalah Pemimpin Umum/Penanggung Jawab Zul Efendi dan Pemimpin Redaksi Revdi Iwan Syahputra.

“Kehadiran Uda Aqua di sini rasanya seperti mimpi. Saya tidak menyangka hal ini terjadi. Apalagi tadi malam Pinto mengatakan Uda Aqua mau ke sini. Saya awalnya tidak percaya. Ternyata menjadi kenyataan,” ujar Zul sambil tersenyum.

Zul menambahkan, “Haluan dan Uda Aqua akan bersama-sama memajukan literasi dan dunia pendidikan di Sumbar khususnya dan Indonesia umumnya. Visi hidup Uda Aqua dan Haluan sama, yakni sama-sama mencerdaskan masyarakat. Haluan Guru dan Aqua, semoga berkah adanya. Spirit ini akan kita luncurkan segera. Terima kasih Uda Aqua atas kehadiran di Harian Haluan dan bersama dengan Haluan nan sehaluan kita,” ujar Zul seraya memaklumatkan ‘kontrak’ batin dengan Dr Aqua yang ditandai dengan “salam” hati.

Sementara Ope panggilan akrab Revdi Iwan Syahputra mengatakan, “Uda Aqua Dwipayana adalah ruh baru yang menambah energi Haluan sebagai koran penuh rahmat di ruang kemanfaatan umat. Mari kita yakinkan diri, bahwa di balik kesulitan ada kemudahan. Di balik badai digital, ada pikiran inovatif dan kreatif yang saya yakini menjadikan Haluan seperti matahari dan bulan. Menuntun dan memberi cahaya nan terang dalam kehidupan kita.”

Dr Aqua sejak sebulan yang lalu mengamati perubahan pada isi dan desain Harian Haluan. Itu bersamaan dengan bergabungnya Ope dan Pinto di koran itu.

“Saya melihat spirit baru yang dikembangkan Haluan. Nyaris tiap hari Haluan mengangkat isu atau tema berita yang benar-benar sesuai selera pembaca. Makin tajam. Makin dalam. Makin cerdas mengupas isu. Tampil dengan wajah tertata dalam estika, berita tersuguh dalam fakta dan data dengan jurnalistik ‘dakwah’nya, saya yakin Haluan akan menjadi harian terdepan,” ujar Dr Aqua saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan keluarga besar Haluan Senin (20/6/2022) siang di ruang rapat redaksi koran ini.

Dr Aqua ‘membakar’ semangat wartawan, redaktur dan bidang usaha di surat kabar ini. Kita tahu, seorang Dr Aqua adalah motivator nasional, yang bayar perjamnya mencapai puluhan juta rupiah. Di Haluan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu bicara tiga jam dan gratis.

Haluan koran pergerakan. Saya tahu, koran ini adalah koran tertua di luar Pulau Jawa. Lahir 1948. Haluan telah banyak melahirkan wartawan terkemuka dan para sastrawan. Saatnya kini, Haluan harus menjemput kejayaan masa surat kabar. Tak ada yang tak mungkin. Tak ada yang tak bisa,” ujar Aqua seraya mengingatkan bahwa soal hidup adalah soal keyakinan. Soal hati yang bersih dan pikiran yang jernih.

Dr Aqua melanjutkan, “Yakinlah. Bahwa kita punya Tuhan. Yakin. Berupaya dengan total. Jangan pernah setengah-setengah. Lalu fokus. Setelah itu berdoa. Ingat, hanya doa yang dapat mengubah takdir. Jangan lupa berserah diri. Kemudian rendahkan hati. Sombong tak perlu. Sombong itu duri kehidupan. Jangan biarkan masalah bergenang-genang. Masalah untuk diselesaikan. Lalu, kerja tim yang kuat. Saling membesarkan kawan. Tutup telinga dari suara-suara negatif. Rawat dan biasakan telinga dan mata memandang dan mendengar sesuatu yang positif. Hidup ikhlas dan berkerilaan adalah kunci kedamaian. Ya, begitulah….!”

Dr Aqua mengingat seluruh karyawan Haluan untuk terus bergerak. Sekaligus meyakini bahwa itu salah satu cara menjemput rezeki. “Kita harus bergerak. Bergerak adalah rezeki. Rezeki bukan soal materi. Pertemuan ini, juga rezeki yang luar biasa. Pertemuan atau silaturahim adalah rahmat nan rahmatan lil alamin. Semoga, pertemuan kita ini dirahmati Allah. Dan harapan kita membangun pikiran dan literasi untuk hidup lebih berarti, menjadi sesuatu yang dapat kita wujudkan,” ujar Aqua.

Di akhir pemaparannya, Dr Aqua menegaskan menunggu tindak lanjut dari semua rencana yang telah dibicarakan. Dirinya siap memprioritaskan kunjungan ke wilayah Sumbar untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke sekolah-sekolah dan pihak-pihak lainnya. “Saya tunggu kabar lebih lanjut untuk merealisasikan rencana mulia ini,” pungkas Dr Aqua yang sekitar lima jam berada di kantor Haluan. ***

Artikel ini telah dibaca 250 kali

Baca Lainnya

Masyarakat Masih Bisa Menikmati Tarif Khusus Kereta Api di Daop 2 Bandung

15 April 2024 - 16:00 WIB

Tren Harga Bahan Pokok di Jabar Menurun

15 April 2024 - 14:01 WIB

Bey: Pungutan Liar di Masjid Al Jabbar Momentum Sikat Pungli di Jabar

14 April 2024 - 16:14 WIB

Sopir Pick Up Terjepit Akibat Bertabrakan dengan Elf Di Jalan Raya Cisurupan Garut

14 April 2024 - 16:05 WIB

SOP di Masjid Raya Al Jabbar Diperbaiki untuk Tingkatkan Pelayanan

14 April 2024 - 15:40 WIB

Lebih dari 55 Ribu Pemudik Kembali ke Wilayah Daop 2 Bandung

14 April 2024 - 12:32 WIB

Trending di Berita