Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Jun 2024 18:42 WIB ·

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

 Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Ijang Faisal bersama Rombongan KI Jabar sedang memperlihatkan pataka Komisi Informasi Jawa Barat Perbesar

Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Ijang Faisal bersama Rombongan KI Jabar sedang memperlihatkan pataka Komisi Informasi Jawa Barat

Ketua Komisi Informasi Jawa Barat, Dr. Ijang Faisal, M.Si mengikuti Rapat Kordinasi (Rakornas) Komisi Informasi se-Indonesia di Hotel Galaxy Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (10/6/2024). Pada pertemuan itu Rakornas Komisi Informasi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto menegaskan keterbukaan informasi merupakan peran kunci dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap aspirasi masyarakat. “Keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Dengan memberikan akses informasi yang luas dan mudah kepada masyarakat, kita dapat menciptakan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Ijang Faisal Bersama Peserta Rakornas dari KI Lainnya

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Republik Indonesia, Donny Yoesgiantoro menambahkan, salah satu elemen penting dalam mewujudkan RPJPN Indonesia Emas 2025-2045 adalah penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka.

“Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional,” tambahnya.

Sedangkan dalam pandangan Ijang Faisal, Rakornas KI sangat penting dan strategis untuk merumsukan program-program dan menjawab berbagai persoalan KI di daerah “Banyak persoalan dan kendala yang dihadapi oleh KI di daerah akibat kelembagaan KI yang belum stabil, untuk itu Rakornas sangat penting dan strategis untuk dapat menjawab persoala-persoalan tersebut” Ujar Pria yang sudah dua periode mengawal Komisi Informasi jawa barat tersebut.

Keterbukaan informasi merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah, terus kalau kelembagaan KI nya belum stabil mau mendorong kepercayaan publik bagaimana? Ungkap Ijang.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ranperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

12 Juli 2024 - 20:30 WIB

Bey Machmudin: Jangan Ada Perundungan Kegiatan Orientasi Sekolah

12 Juli 2024 - 20:24 WIB

Perkuat Pasar Jabar, Chery Tambah Jaringan Diler di Bandung

12 Juli 2024 - 20:12 WIB

Tour de France ke-111/2024: Girmay “New Sprint Boss”

12 Juli 2024 - 18:54 WIB

HARI KOPERASI Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

12 Juli 2024 - 12:16 WIB

Tour de France ke-111/2024: Duel Klasik Dua Jawara TdF Jonas vs Pogacar

11 Juli 2024 - 21:54 WIB

Trending di Berita