Menu

Mode Gelap

Feature · 3 Jun 2022 16:58 WIB ·

Jelang MotoGP Catalunya 2022, Tuan Rumah Spanyol Tidak Punya Andalan

 Empat pembalap yang diunggulkan pada MotoGP Catalunya 2022, Minggu (5/6/2022), dari kiri Peco Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia), Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Spanyol), Fabio Quatararo (Monster Yamaha/Pancis) dan Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati/Italia). (Foto: Dorna).* Perbesar

Empat pembalap yang diunggulkan pada MotoGP Catalunya 2022, Minggu (5/6/2022), dari kiri Peco Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia), Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Spanyol), Fabio Quatararo (Monster Yamaha/Pancis) dan Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati/Italia). (Foto: Dorna).*

AKHIR pekan ini lomba MotoGP Catalunya 2022 di Barcelona, Spanyol pada Minggu (5/6/2022) akan digelar, setelah pekan sebelumnya MotoGP Italia diselenggarakan (29/5/2022). Persaingan diperkirakan akan sama seperti di sirkuit Mugello, Italia.

Dua pembalap yang bersaing ketat di GP Italia adalah juara dunia Fabio Quartararo (Monster Yamaha/Prancis) vs Francesco “Peco” Bagnaia (Ducati Lenovo/Italia) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Spanyol) serta beberapa pembalap lainnya yang bukan asal Spanyol, seperti Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati/Italia), Jack Miller (Ducati Lenovo.Australia) dan Johann Zarco (Pramac Ducati/Prancis).

Sementara tuan rumah Spanyol yang biasanya pada tahun tahun sebelumnya punya pembalap pembalap tangguh yang bisa diandalkan dan biasanya mendominasi lomba di Catalunya, misalnya juara dunia 6 kali MotoGP Marc Marquez dan Dani Pedrosa (Repsol Honda), Jorge Lorenzo dan Maverick Vinalles (Movistar Yamaha), Joan Mir dan Alex Rins ( Suzuki Ecstar).

Kini tidak ada yang bisa diandalkan lagi. Spanyol hanya bisa berharap pada sosok Aleix Espargaro (Aprilia Racing), sementara yang lainnya ada yang bermasalah dan ada yang sudah pensiun.

Marc Marquez andalan Repsol Honda yang selalu merajai arena memenangi banyak lomba di sirkuit manapun mengumandangkan lagu kebangsaan Spanyol, sudah dua tahun ini tak bisa tampil maksimal dan lebih banyak absen karena cedera lengan yang belum juga bisa diatasi maksimal.

Bahkan, kini Marquez baru saja menjalani operasi lengan yang keempat kalinya di AS, 31 Mei lalu. Jagoan MotoGP pujaan Spanyol ini pun harus absen lagi untuk kesekian kalinya dan kali ini mungkin sampai akhir musim tidak bisa berlomba lagi. Tim Repsol Honda tanpa Marquez bisa dikatakan tidak mampu bersaing karena Pol Espargaro (Spanyol) sudah sejak tahun lalu tidak bisa memberi perlawanan, hanya sekali naik podium ketiga awal musim MotoGP 2022 di GP Qatar.

Andalan Spanyol lainnya, dua pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 dan Alex Rins kini tengah menurun semangatnya karena tahun depan Suzuki berhenti dari arena MotoGP disebabkan biaya yang terlalu besar. Sarana pendukung teknis pun mulai dikurangi, tidak ada pengembangan baru sehingga dipastikan Suzuki akan semakin sulit bersaing melawan Ducati, Aprilia, KTM dan Yamaha dan Honda.

Hanya Espargaro

Andalan Spanyol lainnya yang tangguh sudah pensiun yaitu Jorge Lorenzo juara dunia 3 kali MotoGP dan Dani Pedrosa. Dengan demikian satu satunya andalan Spanyol untuk bisa bersaing meraih podium di GP Catalunya hanya Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Penampilan Espargaro pada empat GP sebelumnya sangat konsisten bisa naik podium posisi ketiga, sebanyak 4 kali beruntun.

Persaingan untuk mendapatkan tiga tempat podium GP Catalunya pasti akan seru, namun hampir dipastikan pembalap Spanyol tidak kebagian puncak podium, kecuali ada kejutan dari Espargaro. (Bambang Kunthady)*** 

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Langka dan Mengagumkan, Dua Pohon Karet Kebo Berumur Seabad Lebih di Selabintana Sukabumi

25 Agustus 2023 - 06:27 WIB

Stasiun Gubeng, Menghibur Calon Penumpang dengan Menghadirkan Langsung Awak Band

16 Agustus 2023 - 07:14 WIB

Telaga Ngipik Gresik, Semula Bukit Kapur untuk Bahan Baku Pabrik Semen Indonesia

11 Agustus 2023 - 20:46 WIB

Masjid Al-Mu’min Stasiun Bandung Resmi Berdiri Saat Pandemi Covid-19 dan Ekonomi Sulit

2 Agustus 2023 - 08:32 WIB

Kisah Perubahan Rute Perjalanan Menyusul Peresmian Tol Cisumdawu dan Bandara BIJB

31 Juli 2023 - 09:59 WIB

Alun-Alun Kejaksan, Area Membahagiakan Warga Minus Wahana Permainan Anak-anak

22 Juli 2023 - 14:30 WIB

Trending di Feature