Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Apr 2022 19:11 WIB ·

Hanya Dua Hari Berehat di Bogor, Dr Aqua Dwipayana Kembali Bergerak ke Pelosok Bumi Celebes Sulawesi

 HANYA dua hari beristirahat di Kota Bogor, Jawa Barat, Dr Aqua Dwipayana kembali berkeliling  Sulawesi untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi, mulai Senin 11 April 2022.* Perbesar

HANYA dua hari beristirahat di Kota Bogor, Jawa Barat, Dr Aqua Dwipayana kembali berkeliling Sulawesi untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi, mulai Senin 11 April 2022.*

TUGUBANDUNG.ID – Hanya dua hari istirahat akhir pekan di kediamannya di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu dan Minggu (9-10 April 2022), Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali melanjutkan perjalanan berkeliling Pulau Sulawesi. Hal ini menjadi bagian dari Sharing Komunikasi dan Motivasi dari penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim tersebut kepada ribuan prajurit beserta istri dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin. Jumlahnya lebih dari 65 sesi.

Menurut rencana, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut berangkat dari kediamannya di Kota Bogor, Minggu malam (10 April 2022) menuju Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Kemudian Senin dini hari (11 April 2022) pukul 02.30 naik pesawat Citilink QG 324 menuju Palu.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Sulawesi Tengah, pada pukul 06.10 Wita. Istirahat sejenak di kota itu sambil silaturahim ke teman-temannya, kemudian meninggalkan provinsi tersebut.

Dr Aqua yang juga Staf Ahli Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Bidang Komunikasi Publik itu kemudian menuju Kodim 1427/Pasangkayu, Sulawesi Barat. Jalan darat ditempuh sekitar 4 jam (berjarak sekira 193km) lewat Jalan Poros Majene – Mamuju atau  Poros Palu – Mamuju.

Pukul 12.00 Wita Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lokasi tersebut. Mengawali debut pertamanya di jajaran Komando Resor Militer (Korem) 142/Taroada Tarogau.

Menurut jadwal, pada pekan ini Dr Aqua akan berada di Bumi Celebes Sulawesi hingga Kamis pagi (14 April 2022). Melakukan kegiatan di tiga provinsi: Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. Setelah itu selama beberapa jam berada di Surabaya, Jawa Timur untuk silaturahim ke teman-temannya. Malamnya kembali ke rumahnya di Bogor.

PAKAR Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat berbicara di hadapan prajurit Topografi Kodam (Topdam) Zeni Kodam (Mazidam) XIV/Hasanuddin di Jl. Rajawali Makassar, Sulawesi Selatan, pekan lalu.*

Dalam pekan ini Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Korem 142/Taroada Tarogau. Seluruhnya delapan sesi. Dua sesi di antaranya diskusi dengan para wartawan yang biasa meliput kegiatan di Kodam XIV/Hasanuddin termasuk di Korem 142/Taroada Tarogau.

Setelah selesai berbicara di Kodim 1427/Pasangkayu sekira pukul 14.00 Wita, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu akan melakukan perjalanan darat dari Pasangkayu ke Mamuju selama kurang lebih enam jam. Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat tersebut kemudian bermalam di kota itu.

Keesokan harinya, Selasa (12 April 2022), Dr Aqua harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam ke Kota Majene. Di sana menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi serupa di 1401/Majene. Pria yang telah menulis belasan buku tersebut akan berbicara mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai.

Dari Majene, Dr Aqua selanjutnya  bergerak menuju  Kodim 1402/Polewali Mandar dan Kodim 1428/Mamasa (tempat Makodim Polman) untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi serupa pada pukul 13.00 Wita. Dr Aqua kemudian kembali ke Mamuju untuk bermalam di sana.

Pada Rabu (13 April 2022) pukul 08.00 Wita, Dr Aqua akan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Makorem 142/Taroada Tarogau. Pesertanya selain para anggota yang bertugas di Korem, juga yang di Balakaju. Tempatnya di Aula Makorem yang masih berlokasi di Mamuju.

Selanjutnya, Dr Aqua akan berbicara di Kodim 1418/Mamuju mulai pukul 10.30 Wita. Sebelum kembali ke Makassar untuk silaturahim ke Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad yang merupakan teman akrabnya.

Sangat menikmati

Dr Aqua sangat menikmati aktivitas Sharing Komunikasi dan Motivasi di Bumi Celebes Sulawesi. Padahal, pria yang jika melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan BUMN atau perusahaan swasta berhonor Rp 30 juta nett/per jam dengan minimal waktu bicara 2 jam itu,  tidak pernah meminta bayaran saat berbicara di lingkungan TNI dan Polri. Bahkan, untuk membeli tiket pesawatnya pun selalu dari kantongnya sendiri.

“Saya menjalaninya dengan senang hati dan sangat menikmati. Hal ini sudah menjadi tekad saya untuk ikut berkontribusi pada peningkatan kompetensi komunikasi teman-teman di TNI dan Polri. Dua institusi yang sangat strategis bagi keberlangsungan bangsa dan negara ini. Kuncinya hanya satu, saya ikhlas menjalaninya meski saya sangat faham mesti masuk ke wilayah yang terpencil sekalipun. Hal ini juga menjadi wujud nyata dari gerakan silaturahim yang saya jalankan secara konsisten dalam 17 tahun terakhir ini,” ungkap Dr Aqua.

Sejak awal Ramadan ini, Dr Aqua terus aktif dan produktif bersilaturahim ke pelosok negeri serta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Pada pekan pertama Ramadan, Senin sampai Jumat (4-8/4/2022). lalu ia telah menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak hampir 20 sesi di Kota Makassar dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia juga bersilaturahim kepada sahabat-sahabatnya hingga ke Kabupaten Sidenreng Rappang atau Sidrap.

Beberapa lokasi yang menjadi tempat dilakukannya Sharing Komunikasi dan Motivasi oleh penulis buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” itu adalah Rumah Sakit Tingkat II Pelamonia, kemudian para guru dan pegawai tata usaha di sekolah Kartika, Kodim 1408/Makassar, Pomdam XIV/Hasanuddin, Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti, Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri, Paldam XIV/Hasanuddin, Kodim 1409/Gowa, Zidam XIV/Hasanuddin dan Topdam XIV/Hasanuddin, Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandraguna, Brigade Infanteri 11/Badik Sakti Parepare.

Sharing Komunikasi dan Motivasinya bertajuk “Meningkatkan Sinergitas TNI-Polri di Sulawesi Selatan untuk Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat”. Tujuannya untuk memperkuat kolaborasi kedua institusi besar yang menjadi garda terdepan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya, dua jenderal bintang dua yang merupakan teman seangkatan yakni Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana memberikan amanah langsung kepada Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Keduanya sepakat bahwa kemampuan komunikasi seluruh jajarannya perlu ditingkatkan. *

Artikel ini telah dibaca 110 kali

Baca Lainnya

Puting Beliung Terjang Jatinangor Sumedang, BPBD Langsung Lakukan Asesmen

21 Februari 2024 - 19:53 WIB

Revitalisasi Bahasa Daerah, Tingkatkan Antusiasme Masyarakat Menggunakan Bahasa Ibu.

21 Februari 2024 - 19:19 WIB

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 18:00 WIB

Cek cok dengan Istri, Pelaku Bacok Adik Ipar Karena Tidak Mau Membantu Meredam Pertengkaran Rumah Tangga

21 Februari 2024 - 16:19 WIB

Kembali, Belum Sepekan Ribuan Botol Miras Ditemukan Di Sebuah Kios Di Kawasan Guntur Garut

21 Februari 2024 - 15:59 WIB

Harga Beras Di Sejumlah Pasar Tradisional Mahal Di Beberapa Swalayan Stok Tidak Ada

21 Februari 2024 - 15:16 WIB

Trending di Berita