Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Jul 2022 13:05 WIB ·

Cibiru Wetan, Contoh Desa Juara di Jabar

 Desa Cibiru Wetan meraih Juara 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan di Jabar, Desa Cibiru Wetan juga menjadi salah satu dari 10 desa percontohan (nominasi) desa anti korupsi di Indonesia yang ditetapkan KPK RI. (Foto: Apun).* Perbesar

Desa Cibiru Wetan meraih Juara 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan di Jabar, Desa Cibiru Wetan juga menjadi salah satu dari 10 desa percontohan (nominasi) desa anti korupsi di Indonesia yang ditetapkan KPK RI. (Foto: Apun).*

KABUPATEN BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Desa Cibiru Wetan di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, menjadi salah satu contoh Desa Juara di Jabar. Selain meraih Juara 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan di Jabar, Desa Cibiru Wetan juga menjadi salah satu dari 10 desa percontohan (nominasi) desa anti korupsi di Indonesia yang ditetapkan KPK RI.

Inspektur Jabar Eni Rohyani menjelaskan, Pemda Provinsi Jabar sangat mendukung Desa Cibiru Wetan terpilih menjadi Juara 1 Desa Anti Korupsi KPK.

“Dari Provinsi, kami bantu dari sisi fisik yang dibutuhkan agar desa ini menjadi juara anti korupsi. Salah satunya dengan pengadaan fasilitas literasi buku untuk masyarakat melalui Kotak Literasi Cerdas atau Kolecer dari Dinas Pusipda,” ucap Eni dalam penyerahan bantuan Provinsi di Desa Cibiru Wetan, Jumat (1/7/2022).

Menurut Eni, jika ditinjau dari sisi kesadaran masyarakat tentang anti korupsi, sudah sangat melekat. Jadi, kata Eni, Pemda Provinsi Jabar hanya membantu beberapa hal yang dibutuhkan.

“Intinya kalau kesadaran masyarakat setempat tentang anti korupsi, nampaknya sudah melekat. Jadi tinggal menambah hal-hal yang sifatnya fisik untuk sebagai pendukung,” kata Eni.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jabar Dicky Saromi menuturkan, prestasi Desa Cibiru Wetan harus ditularkan ke daerah lain untuk dikembangkan.

“Kita ada program Akademi Desa Juara. Dengan program ini kita tularkan keberhasilan desa-desa yang berhasil kepada desa dan kelurahan yang lain. Dalam Akademi Desa Juara itu, para narasumbernya adalah para kepala desa atau lurah yang telah memiliki prestasi seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar Hening Widiatmoko menjelaskan, bantuan yang diberikan Dispusipda adalah satu unit Kolecer dengan 200 eksemplar buku yang bisa ditambah atau ditukar setiap saat.

“Jumlah Kolecernya memang hanya satu, tetapi kesempatan masyarakat untuk menambah literasi cukup besar dengan adanya Kolecer ini. Ini diharapkan membantu di tengah kesulitan mengakses buku,” ucap Hening.

Penyerahan bantuan Provinsi ke Desa Cibiru Wetan digelar di Balai Desa Cibiru Wetan. Selain perwakilan Pemda Provinsi Jabar, turut hadir Inspektur Kabupaten Bandung dan Camat Cileunyi.***

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita