Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Jul 2022 07:13 WIB ·

Buka Latsar CPNS, Sekda Jabar Tekankan Integritas

 Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2022 Angkatan I sampai dengan III di Aula BPSDM Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Senin (25/7/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).* Perbesar

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2022 Angkatan I sampai dengan III di Aula BPSDM Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Senin (25/7/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).*

KOTA CIMAHI (TUGUBANDUNG.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja membuka Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2022 Angkatan I sampai dengan III di Aula BPSDM Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Senin (25/7/2022).

Kepada para CPNS, Setiawan mengemukakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar harus mengutamakan integritas dalam bekerja.

Apalagi, kata Setiawan, tantangan dan peluang datang secara dinamis karena tiga disrupsi yakni disrupsi industri 4.0, disrupsi pandemi COVID-19, dan disrupsi perubahan iklim. Maka, ASN pun harus berinovasi dan berkolaborasi untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian, ada sejumlah indikator kesuksesan birokrasi yang mesti diperhatikan ASN, di antaranya efisiensi pelayanan publik, percepatan pelayanan publik, fleksibilitas kerja, dan dampak sosial. Semua indikator itu perlu tertuju pada akurasi pelayanan publik.

“Berdasarkan peringkat Global Competitiveness Index Tahun 2019 Indonesia ada diposisi ke-50. Namun berdasarkan Peringkat Global Innovation Index tahun 2020 Indonesia ada di peringkat ke-85,” ucap Setiawan.

Menurut Setiawan, hal itu perlu jadi perhatian para CPNS agar terus mengasah inovasi dan kreativitas dalam menjalankan tugasnya sabagai ASN nanti. Meski Indonesia cukup kompetitif, katanya, namun inovasi masih perlu ditingkatkan.

“Adapun Indeks Pelayanan Publik Indonesia sendiri berada pada peringkat ke-97 dari 173 negara,” ucapnya.

Setiawan menuturkan, dalam manajemen ASN di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar, kerap kali talenta seorang ASN dibidik sejak CPNS. Aplikasi Manajemen Telenta pun dikembangkan. Pemetaan talenta disusun dalam aplikasi Sistem Manajemen Talenta Jawa Barat Juara (SIM JAWARA) yang memiliki 93 fitur informasi, baik individu maupun fitur institusional.

“Fitur informasi individu sendiri meliputi kualifikasi, kompetensi, potensi, perilaku, dan kinerja ASN,” katanya.

Pemda Provinsi Jabar juga mengembangkan aplikasi lain demi menunjang kinerja ASN, seperti Kehadiran Mobile (K-Mob) dan aplikasi TRK yang bisa diakses lewat smartphone.

Tak hanya itu, Pemda Provinsi Jabar telah mengimplementasi pola karier secara diagonal, baik untuk jabatan struktural maupun fungsional, dan mengimplementasikan model kerja Team of Teams (ToT) dengan karakternya yang agile.

“Kita juga adakan Employee of the Month, di mana pegawai berkinerja terbaik setiap bulannya mendapatkan penghargaan, piagam, piala bergilir, tunjangan kinerja, bahkan sampai makan malam dengan Bapak Gubernur,” ucap Setiawan.

Berkat inovasi dan kolaborasi, Jabar meraih sekitar 122 anugerah maupun prestasi dalam berbagai urusan pembangunan pada 2021. Rinciannya, lima penghargaan internasional, 89 penghargaan nasional, dan 28 PP penghargaan non-pemerintah.

Adapun berdasarkan hasil penilaian sistem merit oleh Komisi Aparatur Sipil Negara pada 2020, Pemda Provinsi Jabar berhasil meraih anugerah meritokrasi dengan kategori sangat baik dengan nilai 375,5. ***

Artikel ini telah dibaca 318 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita