Dr Aqua Dwipayana Sampaikan Sharing tentang Urgensi Komunikasi bagi Organisasi Pelayanan Masyarakat

SEMARANG (TUGUBANDUNG.ID) –  Di tengah kesibukan dan jadwal silaturahim yang padat,  Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Kali ini, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut akan menyampaikan materi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Efektif” di hadapan para pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Gayamsari, Jumat, 23 September 2022 pagi ini.

Dr Aqua tiba di Semarang pada Jumat (23/9/2022) dini hari pukul 03.00. Setelah menempuh perjalanan darat sekitar 4,5 jam dari Surabaya.

Kamis malam (22/9/2022) di Kota Pahlawan itu Dr Aqua silaturahim sambil makan malam bersama pemilik Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu Sonny Njonoriswondo dan putra bungsunya Andrian Saputra Njonoriswondo. Mereka ketemu di resto Thailand paling enak di Surabaya yang bernama Chao Phraya Thai Fine Cuisine

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi ini merupakan inisiatif dari Kepala KPP Pratama Semarang Gayamsari Arista Priyo Adi yang  berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada seluruh stakeholder KPP Pratama Semarang Gayamsari.

Sekitar sebulan lalu, seusai Dr Aqua Sharing Komunikasi dan Motivasi di KPP Pratama Yogyakarta, Aris menghubungi motivator ulung tersebut. Meminta untuk melaksanakan kegiatan yang sama kepada jajarannya. Karena jadwalnya padat, sehingga baru bisa dilaksanakan sekarang.

“Yth. Dr Aqua Dwipayana

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Ijin memperkenalkan diri, saya Arista Priyo Adi (Ka KPP Pratama Semarang Gayamsari). Dalam rangka menyemangati teman2 dan memperoleh ilmu, mhn perkenan bpk menjadi narasumber di kantor kami di bulan September 2022 ini. Mohon konfirmasi. Maturnuwun. Semoga bpk selalu sehat.

Salam,

Arista Priyo Adi,” pesan Arista lewat WhatsApp (WA) kepada Dr Aqua.

Upaya menghadirkan Dr Aqua juga menjadi bagian dari strategi peningkatan kapasitas pelayanan tersebut. “Khususnya dalam hal peningkatan komepetensi dan keterampilan berkomunikasi. Dr Aqua Dwipayana yang telah sangat dikenal reputasinya dan konsistensinya dalam menjalankan silaturahim sengaja kami undang untuk menularkan praktik-praktik komunikasi kebaikan kepada kami semua,” ujar Arista.

Kelancaran komunikasi internal pada sebuah organisasi sangatlah penting. Untuk itu semua pegawai yang bertugas dalam sebuah lembaga atau organisasi harus berusaha secara optimal mewujudkannya.

“Dengan lancarnya komunikasi maka setiap saat termasuk hari libur, misalnya, kita bisa mendapatkan seluruh data yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Komunikasi karenanya sangat vital bagi organisasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat luas,” ungkap Dr Aqua.

Menurut pria yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut, inti  atau pusat dari sebuah pelayanan publik terletak pada cara berkomunikasi, saling memahami, dalam berinteraksi  dengan orang lain.

“Oleh karena itu, cara  bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang lain menjadi sangat penting. Keterampilan berkomunikasi efektif menjadi syarat mutlak tersampaikannya pesan pelayanan publik tersebut dengan baik,” kata Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini.

Pria yang telah menulis belasan buku yang sebagian “best seller” ini lebih jauh menguraikan untuk menunjang apapun pekerjaan yang dijalani, kita harus memiliki kompetensi komunikasi yang efektif. Hal ini menjadi kunci dalam keberhasilan pelayanan.

Dr Aqua menjabarkan beberapa hal yang dapat dipelajari dalam memberikan pelayanan publik yang prima. Pertama, sikap yang baik menjadi dasar yang menggambarkan karakter. Kemudian,  perhatian sederhana pun bakal membuat orang yang diajak berkomunikasi senang, seperti menyampaikan salam yang sopan dan ramah, menanyakan keperluan dengan bahasa yang sopan, mendengarkan dengan baik setiap perkataan mereka, dan menunjukkan sikap empati kepada mereka.

“Aspek lainnya, menunjukkan atensi kepada mereka dan melakukan tindakan untuk menanggapi kebutuhan konsumen tersebut. Terakhir, untuk menunjang pelayanan yang maksimal, maka penampilan diri juga harus diperhatikan,” ujar Dr Aqua menegaskan.

Lebih jauh bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menyampaikan, inti  atau pusat dari sebuah pelayanan publik terletak pada cara berkomunikasi dan saling memahami dalam berinteraksi  dengan orang lain. Oleh karena itu, cara  bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang yang diajak berkomunikasi menjadi sangat penting. Keterampilan berkomunikasi efektif merupakan syarat mutlak tersampaikannya pesan pelayanan publik tersebut dengan baik.

Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menguraikan tentang prinsip-prinsip komunikasi prima. “Pertama, setiap tindakan dalam pelaksanaan pelayanan berpotensi komunikasi. Kedua, komunikasi bertujuan mempengaruhi, menguasai opini, dan mengajak kerja sama,” ujar Dr Aqua.

Selanjutnya, komunikasi berkepentingan memberikan makna atas setiap interaksi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan. Serta keempat, semakin dekat hubungan psikososial individu/organisasi terhadap kebutuhan/ keinginan pelanggan, makin efektif komunikasi yang dilakukan.

Sharing di Kantor Pajak

Kegiatan ini menjadi rangkaian sharing komunikasi Dr Aqua di lingkungan Kantor Pajak.  Bagi pria penghobi silaturahim tersebut Sharing Komunikasi dan Motivasi di KPP Pratama Semarang Gayamsari, bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya awal Agustus 2022 telah melakukannya di KPP Pratama Bantul.

Saat itu, Dr Aqua menyampaikan materi bertajuk “Komunikasi Efektif, Kunci Sukses” di hadapan unsur pimpinan dan karyawan KPP Pratama Bantul di kantornya Jl Urip Sumoharjo No 7 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Jumat, 5 Agustus 2022 siang.

Kemudian pada 29 Agustus 2022, Dr Aqua menyampaikan materi bertajuk “MANTAP: Melayani dengan sepenuh hati, Amanah, Tangguh, Adaptif, Profesional” di hadapan para pegawai KPP Pratama Yogyakarta,  di Aula KPP Pratama Yogyakarta Jl Panembahan Senopati No 20 Yogyakarta.

Dr Aqua menjabarkan beberapa hal yang dapat dipelajari dalam memberikan pelayanan publik yang prima. Pertama, sikap yang baik menjadi dasar yang menggambarkan karakter. Kemudian,  perhatian sederhana pun bakal membuat orang yang diajak berkomunikasi senang, seperti menyampaikan salam yang sopan dan ramah, menanyakan keperluan dengan bahasa yang sopan, mendengarkan dengan baik setiap perkataan mereka, dan menunjukkan sikap empati kepada mereka.

“Aspek lainnya, menunjukkan atensi kepada mereka dan melakukan tindakan untuk menanggapi kebutuhan konsumen tersebut. Terakhir, untuk menunjang pelayanan yang maksimal, maka penampilan diri juga harus diperhatikan,” ujar Dr Aqua menegaskan.

Rangkaian prestasi

Dalam menjalankan operasionalnya KPP Semarang Gayamsari telah mencapai beberapa prestasi antara lain:

  • KPP terbaik dengan kategori aktivitas penggunaan tertinggi aplikasi PADI New Kanwil DJP Jawa Tengah I Tahun 2016
  • Terbaik ke-3 Penyampaian laporan pertanggungjawaban pengelolaan tunjangan kinerja tahun anggaran 2017 tingkat Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I hasil verifikasi kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak
  • Mencapai kinerja pertumbuhan penerimaan netto diatas pertumbuhan Kanwil DJP Jawa Tengah I Tahun 2019.
  • Terbaik ke-2 pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Tahun 2019 Kanwil DJP Jawa Tengah I.
  • Mencapai kinerja melebihi 100% dari Target Penerimaan Pajak Tahun 2020.
  • Mencapai kinerja melebihi target tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan dan Orang Pribadi di tahun 2020.
  • Berhasil mencapai kinerja melebihi target penerimaan pajak tahun 2020.
  • Pertumbuhan penerimaan pajak di atas rata-rata pertumbuhan nasional Tahun 2021.
  • Berhasil mencapai kinerja melebihi target penerimaan pajak tahun 2021.
  • Semifinalis olimpiade reform tahun 2022.***

Komentar