KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – PT Pegadaian kembali menggelar Program Gadepreneur di Tahun 2024, ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya Program Gadepreneur. Program Gadepreneur merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh PT Pegadaian guna membantu para pelaku UMKM untuk dapat naik kelas, baik dari sisi omset maupun aset.
Para pelaku UMKM yang terpilih memiliki latar belakang yang beragam, mulai kuliner, fashion, beauty dan kriya dari 12 wilayah di seluruh Indonesia. Terdapat 360 peserta yang ikut dalam Program Gadepreneur, yang berhasil lolos kurasi dari total 3.174 peserta lainnya. Program Gadepreneur 2024 tidak hanya berfokus pada pengembangan bisnis para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saja, tetapi juga mendukung prinsip sosial dalam kerangka Environmental, Social, and Governance (ESG) serta berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
Pemimpin Wilayah PT Pegadaian X Jawa Barat, Maryono, dalam sambutannya saat kegiatan pembukaan Program Gadepreneur di PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat di Hotel Grand Tjokro Bandung (4/3/2024), menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, yang kini jumlahnya mencapai 70 juta UMKM.
“Pegadaian selalu berupaya untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, salah satunya melalui Gadepreneur ini. Kurikulum mentoring Gadepreneur 2024 dirancang secara komprehensif, dengan tujuan untuk menguatkan fondasi bisnis peserta. Besar harapan kami agar UMKM di Indonesia dapat ‘Naik Kelas’ dan memainkan peran yang lebih signifikan dalam perekonomian nasional. Jadi tidak main-main, kami fokus membina peserta dari A-Z,” ungkap Maryono.
Adapun tema Modul Starting, materi yang diajarkan pada Gadepreneur 2024 mulai dari
Goal Setting, Riset Pasar & Produk, Mendesain Merek & Kemasan, Merancang Distribusi & Promosi, Selling & Konversi, Basic Negotiation, Digital Marketing Strategy dan Accounting for Business Owners.
Peserta terpilih akan melanjutkan ke tahap mentoring untuk peningkatan kapabilitas, produktivitas, kualitas, dan daya saing UMKM di Indonesia. Kegiatan mentoring yang dilaksanakan secara offline ini dipimpin oleh dua tokoh bisnis terkemuka, yakni Jaya Setiabudi selaku Founder Yukbisnis dan Gazan Azka Ghafara selaku Founder dan CEO ZANANA, yang masing-masing telah berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam membangun bisnis yang sukses. Program Gadepreneur merupakan salah satu bentuk konsisten PT Pegadaian atas kepedulian kepada Para Pelaku UMKM yang sudah menjadi nasabah.
“Ini merupakan bentuk konsistensi dan komitmen Kami kepada Para Pelaku UMKM yang sudah menjadi nasabah Pegadaian untuk dapat mengembangkan usahanya melalui program monitoring yang intensif, sehingga Kami (Pegadaian) tidak hanya profit oriented, tapi kami pun peduli atas keberlangsungan usaha dari para nasabah kami,” ujar Maryono.
“Seperti yang diketahui, saat ini begitu banyak ragam layanan produk yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM, tidak hanyak produk yang berbasis layanan gadai, tetapi saat ini para pelaku UMKM dan seluruh masyarakat dapat menikmati produk layanan pembiayaan modal usaha, seperti Gadai berbasis angsuran, KUR Syariah, KUPEDES dan pembiayaan pembelian kendaraan. Dan Bagi Para Pelaku UMKM yang ingin melakukan investasi, terdapat pilihan instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan yaitu invetasi emas, dengan dua layanan produk yang bisa digunakan yaitu cicil emas dan tabungan emas pegadaian, dengan menabung hanya 10 ribu rupiah, para pelaku UMKM sudah dapat berinvestasi
emas,” terang Maryono.
Harapan setelah selesai kegiatan ini, para pelaku UMKM yang menjadi peserta gadepreneur dapat tumbuh dan tangguh bersama Pegadaian, sehingga para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional. (Pun)***
Komentar