PATI, JAWA TENGAH (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kini berada di Kota “Bumi Mina Tani” Pati, Jawa Tengah, untuk kembali Sharing Komunikasi dan Motivasi. Kali ini, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu menyampaikan sharing kepada jajaran pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pati, Jawa Tengah.
Itu adalah kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana yang kedua di awal tahun 2025 ini. Sebelumnya di kabupaten yang sama, pembicara laris tersebut melakukan aktivitas serupa di Pesona Berkah Salsabila, grup usaha yang bergerak di aneka bisnis seperti penjualan sembilan bahan pokok, distributor Belfoods, makanan beku (frozen), dan Baitul Maal wa Tamwil (BMT).
Jumat pagi, 3 Januari 2024 setelah sholat Subuh, Dr Aqua Dwipayana meninggalkan rumahnya di Yogyakarta. Naik mobil ke Pati. Waktu tempuhnya sekitar 3,5 jam.
Motivator kawakan itu dengan penuh rasa syukur dan bahagia menikmati perjalanan di pantai utara Pulau Jawa. Sepanjang jalan membayangkan bakal melakukan aktivitas yang menyenangkan selama di Pati.
Ketemu banyak orang yang latar belakangnya beragam. Paling utama berbagi dan menyemangati mereka agar di tahun 2025 ini lebih bersemangat lagi untuk meraih prestasi gemilang.
Perjalanan dari Yogyakarta menuju Pati lancar sekali. Apalagi sebagian melalui jalan tol yang bebas hambatan.
Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu menyampaikan materi bertajuk “Melayani, Mengabdi dan Berinovasi” pada Jumat siang, 3 Januari 2025 di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati dengan peserta sebanyak 70 pegawai. Rinciannya 47 orang Aparatur Sipil Negara dan 23 orang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri.
Menjelang menyampaikan materinya, Dr Aqua Dwipayana mengatakan para pegawai Imigrasi sebagai pelayan masyarakat harus selalu mengutamakan integritas, profesionalisme, dan inovasi.
“Tugas sebagai petugas Imigrasi bukan hanya tentang administrasi. Merupakan wajah negara di mata masyarakat dan dunia internasional. Setiap interaksi dengan siapa pun mencerminkan pelayanan publik yang berkualitas,” tegas Dr Aqua Dwipayana.
Mantan wartawan di banyak media besar ini menekankan bahwa kemampuan komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci utama dalam memberikan pelayanan yang prima. Menurutnya, petugas Imigrasi harus mampu menyimak, memahami, dan memberikan solusi kepada masyarakat yang membutuhkan layanan mereka.
“Komunikasi bukan hanya soal berbicara, tetapi juga soal menyimak dengan empati. Ketika para petugas memahami kebutuhan masyarakat, bisa memberikan solusi terbaik,” ujar Dr Aqua Dwipayana.
Pria yang hobi silaturahim ini juga membagikan berbagai teknik komunikasi praktis yang dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari, seperti penggunaan bahasa yang sederhana, menjaga kontak mata, dan mengelola emosi saat menghadapi situasi sulit.
Inovasi
Selain komunikasi, Dr Aqua Dwipayana menggarisbawahi pentingnya inovasi dalam pekerjaan. Ia mendorong para peserta untuk berpikir kreatif dan mencari cara baru dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di Kantor Imigrasi.
“Inovasi tidak selalu berarti hal besar. Bahkan, perubahan kecil yang memudahkan proses kerja atau meningkatkan kepuasan masyarakat dapat memberikan dampak yang luar biasa,” ungkapnya.
Dr Aqua Dwipayana mengajak seluruh peserta untuk berkomitmen menjadi pelayan masyarakat yang lebih baik dengan menerapkan nilai-nilai pengabdian dan inovasi dalam setiap aspek pekerjaan mereka.
Pria yang mendalami komunikasi secara komprehensif ini juga menyodorkan rumus “3-K” untuk menunjukkan kinerja terbaik. K yang pertama adalah Kredibilitas. Berusahalah menjadi pegawai yang dipercaya baik oleh atasan, rekan sejawat, bawahah, maupun semua mitra termasuk masyarakat. Jangan pernah menyia-nyiakan kepercayaan yang diperoleh.
“Ingat, begitu menyalahgunakan amanah, bisa selamanya tidak dipercaya. Kalau sampai terjadi seumur hidup bakal merugikan diri sendiri,” tegas Dr Aqua Dwipayana.
Sekali menciderai amanah, menurut Dr Aqua Dwipayana susah mengembalikan kepercayaan itu. Meski bisa tapi butuh waktu lama dan kerja keras.
‘K’ yang kedua adalah Komitmen atau janji. Begitu berjanji pada siapapun juga, harus ditepati. Kalau terpaksa tidak mampu memenuhinya karena di luar kemampuannya segeralah meminta maaf kepada orang yang pernah dijanjikan.
“Biasakanlah meminta maaf jika merasa salah termasuk kalau tidak bisa memenuhi janji. Jangan pernah ragu melakukannya,” jelas Dr Aqua Dwipayana.
‘K’ yang ketiga adalah Konsisten. Selalulah konsisten melakukan semua aktivitas. Jangan ada sedikitpun kekhawatiran dalam hidup sehingga tidak melakukannya.
“Masih sering terjadi ada orang yang kurang konsisten karena khawatir tidak mendapatkan rezeki termasuk kehilangan jabatan. Itu menunjukkan orang tersebut tidak percaya Tuhan yang telah menentukan rejeki setiap orang jauh sebelum orang itu lahir,” kata Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.
Dr Aqua Dwipayana menegaskan agar jangan sekali-kali mengambil yang bukan haknya. Orang di sekitarnya termasuk atasannya mungkin tidak tahu. Namun Tuhan maha tahu. Semuanya harus dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat kelak.
“Kalau yang bukan haknya atau milik orang lain diambil pasti tidak berkah. Dampak negatifnya bisa dirasakan langsung oleh diri sendiri dan keluarga termasuk anak-anak,” ujar Dr Aqua Dwipayana.
Ribuan orang
Selama ini Dr Aqua Dwipayana telah sering melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Kantor Imigrasi di berbagai kota/kabupaten dan provinsi di Indonesia. Mantan wartawan Jawa Pos tersebut selama ini memang telah berkeliling menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kanwil Kemenkumham).
Sejatinya, pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang dilakukan Dr Aqua Dwipayans di jajaran Kemenkumham baik di Jakarta maupun di berbagai provinsi di Indonesia bukan kali ini saja. Bahkan, jauh sebelumnya, pria yang hobi bersilaturahim dan menolong banyak orang tersebut sudah kerap menjalankan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kemenkumham.
Bahkan, di lapas dengan tingkat keamanan paling tinggi semacam Nusakambangan sekalipun, Dr Aqua Dwipayana menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi yang inspiratif dan mencerahkan kepada warga binaan. Keberadaan lapas, rutan, dan kantor imigrasi mulai dari Sumatera hingga Papua sudah didatangi Dr Aqua Dwipayana dan bila ditotal jumlah orang yang menerima motivasi darinya di berbagai provinsi itu mencapai puluhan ribu orang.
Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Pati
Visi
“Mewujudkan Asta Cita Dalam Pelaksanaan Tugas Keimigrasian”.
Misi
· Memahami tugas dan fungsi Keimigrasian sebagai penjaga pintu gerbang negara;
· Melaksanakan pelayanan Keimigrasian dengan memanfaatkan teknologi dan mengedepankan Hak Asasi Manusia untuk mencapai kesejahteraan secara menyeluruh;
· Melaksanakan Pengawasan Keimigrasian secara efektif, efisien, humanis dan tepat sasaran untuk mewujudkan kepastian hukum;
· Melaksanakan sinergitas dengan stakeholder terkait dalam rangka penegakan hukum dan keamanan negara;
· Mewujudkan insan imigrasi yang kompeten, berintegritas, dan anti korupsi.
Prestasi
· Piagam Penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan pada tahun 2020.
· Piagam Penghargaan sebagai Unit Pelaksana Teknis yang telah melaksanakan Pelayanan Publik Berbasih Hak Asasi Manusia Tahun 2021.
· Sebagai Satuan kerja Berkinerja Terbaik III tahun 2021 Kategori Layanan Keimigrasian Terbaik Kanwil Kemenkumham Jateng.
· Piagam Penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan Nilai Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik I Periode Januari sampai dengan Mei Tahun Anggaran 2022.
· Piagam Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah atas Pelayanan Paspor Terbaik Ketiga Tahun 2024
· Piagam Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah atas Pembentukan Desa Binaan Imigrasi Terbanyak III Tahun 2024.
· Piagam Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah atas Pelayanan Eazy Paspor dan paspor Simpatik Terbanyak II Tahun 2024.
· Piagam Penghargaan Pengelola Website Kedua Seluruh Kantor Imigrasi Seluruh Indonesia pada tahun 2024.
Pimpinan: Zaeni Ahmad Zaeni A.Md.Im., S.IP., M.Si (Kepala Kantor Imigrasi kelas I Non TPI Pati).
Nilai-nilai yang selalu ditekankan pimpinan kepada semua pegawai: Disiplin, Melayani, Kooperatif, Inovatif. (Erwin K)***
Komentar