Libur Panjang Hari Raya Waisak 2025, Daop 2 Bandung Siapkan 124.703 Tempat Duduk Selama 5 Hari

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) — Mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada masa libur panjang Hari Raya Waisak 2569 BE/2025 M diperingati pada tanggal 12 Mei 2025 yang bertepatan dengan akhir pekan panjang (long weekend), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyiapkan sebanyak total 124.703 tempat duduk untuk melayani masyarakat yang akan bepergian menggunakan kereta api. Jumlah ini disiapkan untuk periode 5 hari, mulai Jumat, 9 Mei hingga Selasa, 13 Mei 2025.

Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menjelaskan bahwa jumlah tempat duduk ini disiapkan untuk mengakomodir peningkatan jumlah pelanggan yang kami prediksi akan terjadi pada masa libur panjang kali ini. “Kami memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pada masa libur Waisak tahun ini, sehingga kami mengantisipasi kenaikan volume penumpang tersebut dengan memaksimalkan perjalanan KA reguler dan mengoperasikan KA tambahan untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat,” ujar Kuswardojo.

Pada masa libur panjang ini, Daop 2 Bandung juga akan menjalankan Kereta Api Lodaya Tambahan dengan relasi Bandung – Solo Balapan (PP) selama 3 hari, mulai 11 Mei hingga 13 Mei 2025 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 10.10 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.50 WIB. KA Lodaya Tambahan ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi penumpang yang hendak bepergian ke arah Provinsi DIY, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Kuswardojo menambahkan update hingga hari ini dari 124.703 tempat duduk yang disediakan, tercatat 101.442 tiket telah terjual atau sekitar 82% dari total tempat duduk yang tersedia. Dengan tingkat okupansi yang sudah mencapai 82%, Daop 2 Bandung mengimbau masyarakat yang berencana bepergian menggunakan kereta api untuk segera melakukan pemesanan tiket agar tidak kehabisan tiket yang diinginkannya , terutama untuk jadwal keberangkatan favorit.

“Pastikan perjalanan anda menggunakan jasa layanan kereta api menjadi perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan tentunya dengan mematuhi segala aturan yang berlaku baik di stasiun maupun didalam kereta api dan juga dengan memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan Perjalanan. Datang lebih awal ke stasiun tentunya juga harus dipersiapkan agar tidak tertinggal perjalanan yang sudah di rencanakan sebelumnya,” tutup Kuswardojo.

Informasi terkait perjalanan kereta api dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI. (Pun)***

Komentar