Perbaikan Gogosan Ciamis-Tasik Selesai, KA Bisa Kembali Lewat

CIAMIS (TUGUBANDUNG.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung dengan sigap telah menyelesaikan penanganan gogosan rel di petak jalan Ciamis – Manonjaya tepat waktu. Dengan selesainya perbaikan ini, jalur kereta api kembali dapat dilalui dengan aman dan lancar mulai Jum’at, 28 Maret 2025 pukul 23.50 WIB. KA Barang Parcel Selatan relasi Bandung – Surabaya Kota menjadi KA pertama yang melintas di lokasi tersebut.

Manager Humas KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo mengatakan penanganan gangguan alam ini dilakukan segera setelah ditemukan adanya gogosan di bawah rel akibat erosi tanah yang disebabkan oleh curah hujan yang terjadi di lokasi pada Jum’at pukul 15.50 WIB. Tim KAI Daop 2 Bandung segera diterjunkan ke lokasi dan bersinergi dengan kewilayahan termasuk aparat TNI dan POLRI untuk melakukan perbaikan normalisasi jalur guna memastikan keselamatan perjalanan kereta api.

“KAI berkomitmen untuk memberikan layanan transportasi yang aman, selamat, dan nyaman bagi pelanggan. Oleh karena itu kami segera melakukan upaya perbaikan dan normalisasi begitu ditemukan adanya gangguan pada jalur KA. Perbaikan penanganan gogosan ini dilakukan agar operasional kereta api bisa segera kembali normal,” ujar Kuswardojo.

Perbaikan dilakukan dengan menambahkan sejumlah material dan penguatan struktur tanah yang terdampak. Selain itu, KAI juga telah menyiapkan langkah-langkah preventif guna mengantisipasi kejadian serupa di masa mendatang.

Selama penanganan berlangsung, KAI Daop 2 Bandung juga memberikan pelayanan berupa Service Recovery kepada para pelanggan yang terdampak sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain Service Recovery, KAI juga mempersilahkan para pelanggan terdampak gogosan yang hendak melakukan pembatalan tiket, mereka dapat melakukan pembatalan hingga H+7 dengan pengembalian sebesar 100% sesuai dengan harga tiket yang tertera.

Dengan selesainya perbaikan normalisasi jalur ini, perjalanan kereta api yang melewati jalur tersebut kembali normal sesuai jadwal yang telah ditentukan. “KAI Daop 2 Bandung mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kesabaran dan pengertiannya selama proses perbaikan berlangsung, kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu proses penanganan gogosan hingga dapat diselesaikan tepat waktu,” pungkas Kuswardojo.

Informasi terkait perjalanan kereta api dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI. (Pun)***

Komentar