JAKARTA (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang akhir pekan minggu keempat Februari 2025 meluangkan waktu memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk ”Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Sinergi Korporasi”.
Sharing yang dilakukan di cucu perusahaan Pegadaian, Pesonna Indonesia Jaya (PIJ) pada Jumat, 21 Februari 2025 itu berlangsung di Gedung Kenari Baru lantai 4 Jl. Salemba Raya No. 2 Jakarta Pusat.
Peserta sekira 80 orang. Mereka bertugas di kantor pusat PIJ dan karyawan sebagai perwakilan outlet The Gade Coffee and Gold. Direktur utama PIJ Dwi Wuryantadi yang memimpin acara itu.
Dr Aqua Dwipayana melakukan aktivitas Sharing Komunikasi dan Motivasi itu beberapa jam sebelum memulai lawatannya ke Indonesia Timur. Pembicara laris tersebut memiliki agenda ke Sulawesi Utara, Papua Barat Daya, dan Papua.
Selama di Indonesia Timur, sekira seminggu, Jumat hingga Jumat, 21 – 28 Februari 2025 jadwal motivator ulung ini padat sekali. Ketemu dengan ribuan orang baik untuk silaturahim maupun Sharing Komunikasi dan Motivasi.
Pentingnya Sinergi
Menjelang menyampaikan materinya Dr Aqua Dwipayana menyoroti bahwa di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, keberhasilan bisnis tidak hanya ditentukan oleh produk dan layanan yang unggul, tetapi juga yang sangat penting adalah kerja sama dan sinergi yang kuat di internal perusahaan. Menurutnya, komunikasi yang efektif, keterbukaan dalam kolaborasi, visi dan misi yang selaras antara berbagai unit bisnis menjadi faktor utama untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan.
“Kunci utama dalam membangun bisnis yang berkelanjutan adalah sinergi yang erat antarunit kerja. Jika setiap bagian dalam perusahaan mampu bekerja sama dengan baik, tidak hanya fokus pada kepentingan masing-masing, maka perusahaan akan semakin kuat dalam menghadapi tantangan,” ujar Dr Aqua Dwipayana.
Lebih lanjut, motivator kawakan ini menekankan pentingnya meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Menurutnya komunikasi yang baik dapat meminimalkan kesalahpahaman dan mempercepat proses pengambilan keputusan di perusahaan.
Semua target PIJ bisa tercapai bahkan pendapatan dan keuntungannya dapat melebihi dari yang direncanakan, ujar Dr Aqua Dwipayana, kuncinya pada kelancaran komunikasi di internal perusahaan. Seluruh pegawai harus serius melaksanakan ini. Para pimpinan di semua level agar jadi role model sehingga jajarannya dapat mencontoh yang mereka lakukan.
Selama ini banyak masalah di perusahaan, ungkap Dr Aqua Dwipayana, karena komunikasinya tersumbat. Masing-masing karyawan merasa dirinya atau tempatnya bekerja yang paling hebat dan lebih penting dibandingkan yang lain. Akibatnya kurang menghargai sesama pegawai.
“Ironisnya ada yang memandang sebelah mata karyawan di bagian lain. Padahal semua pegawai di perusahaan sama pentingnya. Mereka harus bersama-sama berkontribusi secara optimal untuk memajukkan perusahaannya,” tegas Dr Aqua Dwipayana.
Kondisi seperti itu, lanjut motivator yang telah memotivasi lebih dari 2 juta orang di semua provinsi dan puluhan negara ini, sering disebut mentalitas silo. Perilaku karyawannya terkotak-kotak seperti di dalam silo tempat penyimpanan semen.
Antarkaryawan, kata Dr Aqua Dwipayana, komunikasinya tidak lancar. Ini terjadi terutama di bagian yang berbeda-beda. Bahkan ada yang bersikap ekslusif, memandang rendah bagian yang lain.
“Tugas pimpinan untuk mencairkan suasana di perusahaan yang dipimpinnya. Banyak hal yang bisa dilakukan, di antaranya melakukan kegiatan bersama dengan memposisikan semua karyawan sama. Sehingga tidak ada yang mendominasi dan merasa lebih hebat dibandingkan pegawai lainnya,” tutur bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini.
Dr Aqua Dwipayana juga mengulas berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri keuangan, khususnya sektor pembiayaan dan pegadaian. Menurutnya, cucu perusahaan Pegadaian seperti PIJ memiliki peran penting dalam mendukung strategi utama induk perusahaan, terutama dengan menghadirkan layanan yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
“Berbagai bisnis PIJ termasuk The Gade Coffee and Gold memiliki potensi besar dalam membangun loyalitas pelanggan melalui pengalaman yang lebih personal. Dengan sinergi yang lebih erat antarunit kerja, brand ini dapat semakin kuat dan dipercaya oleh masyarakat,” lanjut Dr Aqua Dwipayana.
Pesonna Indonesia Jaya
Pesonna Indonesia Jaya merupakan cucu perusahaan dari Pegadaian, yang didirikan pada 6 Februari 2015 dengan tujuan untuk mengoptimalkan aset-aset Pegadaian. Karyawannya 200 orang. PIJ berusaha memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan komunitas, sehingga mempengaruhi penyaluran jaringan, paparan, dan pendapatan perusahaan.
Visi : Menjadi hospitality management company, pengembangan property Real Estate, Konstruksi serta jasa lainnya yang handal dan berkualitas.
Misi : Bertanggung jawab dengan memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder pada umumnya dan shareholder khususnya secara profesional, efektif, dan efisien dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip good corporate governance
Lini Bisnis PIJ adalah :
· Bisnis Konstruksi.
· Bisnis Building Management.
· Bisnis Travel Managemet, Mice, Event.
· Bisnis The Gade Coffee and Gold.
PIJ tidak hanya bergerak di satu sektor, tetapi memiliki berbagai lini bisnis yang saling mendukung, mulai dari konstruksi, building management, travel management, hingga bisnis F & B (The Gade Coffee & Gold).
Pimpinan
· Direktur Utama : Dwi Wuryantadi
· Direktur : Muhamad Yudyarto
Nilai-Nilai yang selalu ditekankan Direktur Utama ke semua karyawan.
· Integritas
· Profesionalisme
· Kolaborasi dan Sinergi.*
Komentar